Pelindo III Mulai Proyek Pembangunan Terminal Gili Mas

Lombok Barat, Semarak.News – Pembangunan terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar telah dimulai proses oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai bentuk keseriusan pemerintah. Terminal yang memiliki luas arena 28 hektar tersebut telah mendapat dukungan dan komitmen dari berbagai pihak di Nusa Tenggara Barat.

2

“Pembangunan terminal Gili Mas akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama kami targetkan selesai pada tahun 2019 dan tahan kedua ditargetkan akan selesai pada tahun 2021”, papar Orias di Groundbreaking Terminal Gili Mas di pelabuhan Lembar, Lombok Barat (22/12/2016).

Diharapkan pembangunan terminal Gili Mas pelabuhan Lembar ini mampu meningkatkan layanan jasa khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat. Nilai proyek untuk pengembangan pelabuhan Lembar khususnya untuk peti emas dan pelabuhan kapal pesiar sebesar Rp 1,3 triliun yang seluruhnya akan ditanggung oleh Pelindo III.

Terminal Gili Mas ini nantinya akan dibangun terminal penumpang seluas 2600 m2 dengan kapasitas 1500 orang. Pada tahap pertama pembangunan terminal Gili Mas akan memiliki luas 11 hektar dengan panjang dermaga 200 meter. Dan pada tahap kedua akan dibangun dengan luas area 17 hektar dengan panjang dermaga 400 meter.

3

“Kami berharap akan ada pertumbuhan untuk jumlah container yang masuk, saat ini cuma 2000, kapasitas yang akan kami siapkan adalah 200.000, jadi memang terbuka untuk pengembangan selanjutknya”, ujar Orias.

Untuk total luas lahan pelabuhan Gili Mas yang akan dibangun oleh Pelindo III rencananya adalah 100 hektare. Pembangunan tersebut sebagai bagian dari pengembangan pelabuhan Lembar yang berada di sebelah timur lokasi pembangunan pelabuhan Gili Mas.

Upaya untuk lekas terealisasinya pembangunan terminal Gili Mas ini, Pelindo III menggandeng PT PP (Pembangunan Perumahan) sebagai rekanan. Direktur Utama PT PP berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan sesuai target yang telah ada. (dee)

TINGGALKAN BALASAN