Ini Tanggapan Wasekjen PBNU terkait Aksi Sweeping Atribut Natal

Menghadapi akhir Desember 2016, Indonesia sebagai negara Bhineka Tunggal Ika selalu menghadapi perayaan Natal bagi umat Kristiani dan Tahun Baru. Untuk itu, Wasekjend PBNU, Hery Haryanto Azumi pada 20 Desember 2016 menyatakan tanggapan pribadinya tentang Aksi Sweeping Atribut Natal.

Berikut tanggapannya :

  1. Perayaan Natal adalah hari kebesaran bagi umat Kristiani yang harus dijamin oleh pemerintah sebagai bagian dari komitmen keindonesiaan yang menjadi khittah kebangsaan 1945. Indonesia bukan negara agama tapi juga bukan negara sekular. Indonesia meletakkan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sebagai Sila Pertama, menunjukkan komitmen Negara untuk melindungi hak beragama dan menjalankan kewajiban agama sesuai dengan keyakinan.
  2. Terkait atribut agama dalam perayaan Natal, Negara juga harus memberikan perlindungan sebagai bagian dari hak beragama tersebut. Namun, Pemerintah juga harus memberikan guidance yang tegas agar atribut tersebut tidak menimbulkan keresahan di kalangan umat beragama. Sejauh ini Indonesia telah mampu menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi terkait kerukunan umat beragama.
  3. Kepada segenap tokoh agama, dimohon agar dapat membimbing umat agar dapat beragama secara arif dan substantif (rasa) tanpa menghilangkan pentingnya syi’ar dalam beragama. Pudarnya rasa keberagamaan kita harus menjadi keprihatinan nasional.
  4. Mengingat kondisi nasional yang memanas beberapa bulan terakhir, para pemimpin agama perlu bertemu dalam sebuah dialog nasional utk mencapai rujuk nasional, yaitu kembali bersama-sama menegaskan komitmen kebangsaan Indonesia. Saya mendukung gagasan KH. Ma’ruf Amin, Rais Aam PBNU, yang mengajak segenap elemen bangsa untuk menggelar dialog nasional utk menciptakan kerukunan nasional.
  5. Para tokoh agama harus menempatkan agenda nasional sebagai prioritas agar bangsa ini tidak diombang-ambingkan oleh globalisasi konflik dalam segala bentuk dan turunannya.

Demikian. Terima kasih. Dan selamat Hari Natal kepada Umat Kristiani di seluruh penjuru dunia. Mari kita bersama menjadikan dunia yang relatif lebih damai dan aman bagi segenap umat beragama.

Jakarta, 20 Desember 2016

ttd

Hery Haryanto Azumi Wasekjend PBNU

TINGGALKAN BALASAN