Perwakilan PBB untuk Suriah: Evakuasi Dimulai!

Konvoi bantuan PBB untuk masyarakat sipil dihantam 20 rudal oleh AU Suriah dan Rusia [Syrian Observer]

Aleppo, Semarak.News – “Evakuasi dari wilayah kekuasaan Pemberontak kembali berlangsung di Timur Aleppo dengan menggunakan bus dan ambulans”, berdasarkan info dari petugas PBB di sana.

Setidaknya ada 350 orang dilaporkan meninggalkan Aleppo Timur, pengungsi digerakkan ke arah Barat yang merupakan teritorial pemerintah. Sebelumnya, bus-busmalah digunakan untuk mengevakuasi orang dari wilayah pemerintah karena wilayah tersebut terkepung oleh pemberontak. Sementara itu, ribuan orang masih menunggu dengan keputusasaan untuk di evakuasi dari Aleppo Timur.Tidak ada yang akan menjamin mereka dapat dievakuasi dengan selamat ataupun tidak.

Dewan Keamanan PBB (DK-PBB) menyatakan bahwa hampir seluruh anggota DK-PBB telah menyetujui pengiriman perwakilan PBB untuk mengawasi operasi evakuasi. Namun, Rusia menolak untuk mengirimkan perwakilan PBB mereka ke Timur Aleppo.

“Kami mengharapkan kesepakatan besok (Senin red.)”, kata Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Samantha Power.

Usaha PBB untuk melakukan evakuasi sebenarnya sudah pernah gagal pada Jum’at (16/12), hal ini membuat penduduk sipil ‘tercecer’ di beberapa titik tanpa akses makanan dan tempat tinggal. Hal ini diperparah oleh kondisi ketiadaan tenaga medis di sana.

Dalam pengevakuasian, PBB menggunakan waktu tengah malam hingga menjelang pagi. “Evakuasi dimulai!”, kata perwakilan PBB menggunakan e-mail kepada Reuter. Pesan ini disampaikan pada pukul 23.00 waktu setempat.

Lima bus diterjunkan untuk mengevakuasi mereka dari Khan al-Assal ke Aleppo Barat ataupun Idiib.(ALV)

TINGGALKAN BALASAN