Timnas Indonesia Berhasil Menundukkan Vietnam 2-1

Indonesia merayakan kemenangan atas Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor. [Foto: kompas.com]

Bogor, Semarak.news – Indonesia berhasil membungkam pendukung Vietnam 2016 yang hadir dalam laga di Stadion Pakansari, Bogor (3/11). Di leg pertama semifinal Piala AFF tersebut, Indonesia mencetak 2 gol dan dibalas dengan 1 gol Vietnam.

Dengan dukungan penuh 30.000 suporter, Indonesia langsung menekan Vietnam sejak awal kick-off di mulai. Alhasil pada menit ke-7 Hansamu Yama Pranata mencetak gol pembuka. Melalui umpan pojok Rizki Pora, Hansamu melakukan heading bola dan mengecoh kiper Vietnam.

Skor 1-0 membuat Vietnam berusaha mengejar ketertinggalan. Dengan gempuran yang terus-menerus ke jantung pertahanan Indonesia, akhirnya pada menit ke-17 Vietnam dihadiahi penalti kontroversial oleh wasit. Benny Wahyudi mendorong lawan di dalam kotak penalti.

Nguyen Van Quyet yang dipercaya maju sebagai eksekutor mampu mengecoh Kurnia Meiga yang pada malam tersebut tampil cukup baik. Skor berubah menjadi 1-1. Sampai turun minum skor 1-1 tetap bertahan.

Di babak kedua, Indonesia dan Vietnam saling jual beli serangan. Indonesia yang dimotori Rizki Pora dan Andik Vermansyah, berupaya mengacak-acak pertahanan Vietnam. Kali ini cukup membuahkan hasil karena wasit ganti memberikan hadiah penalti kepada Indonesia. Adalah Lilipaly, yang kali ini terpaksa dijatuhkan oleh pemain Vietnam.

Boaz Solossa yang maju sebagai algojo mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. 2-1 untuk timnas. Indonesia terus menekan Vietnam demi mencari gol tambahan. Tapi hingga pluit akhir berbunyi tetap tidak ada tambahan gol yang tercipta.

Meskipun menang, Indonesia masih harus melakioni leg kedua pada 7 Desember di kandang Vietnam. Hasil ini cukup menjadi modal berharga untuk Indonesia.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Rizki Pora, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah (Zulham Zamrun 90′); Boaz Solossa (Evan Dimas 81′), Ferdinand Sinaga (Lerby Eliandry 63′).

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Pham Thanh Lurong (Dinh Thanh Trung 83′); Nguyen Tron Hoang (Nguyen Van Toan 75′), Lurong Xuan Truong, Vu Van Thanh; Le Cong Vinh, Le Van Thang, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phurong 89′).

TINGGALKAN BALASAN