Pembahasan Isu Radikalisme dan Kamtibmas Dalam FGD oleh KAHMI Manado

Foto Bersama Panitia dan Narasumber Kegiatan FGD [Foto: Semarak.News]

Manado, Semarak.News – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Manado menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Bahaya Radikalisme dan Menanggapi Isu Kamtibmas di Sulawesi Utara”.

Acara yang digelar di ruang Maengket Hotel Sahid Kawanua, Manado, tersebut menghadirkan enam pembicara, diantaranya Danrem 131 Santiago, Kakanwil Kemenag, Rektor Unima, Kasubdit Kamneg Intelkam Polda Sulut dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manado.

Dalam sambutan Gubernur yang disampaiakan oleh Staf Ahli bidang Hukum dan Politik Prov. Sulut, Star Wowor, beliau menyampaikan bahwa acara ini menandakan bahwa acara ini menunjukkan kesatuan dan kesolidan masyarakat Sulut.

“Kehadiran kita semua disini telah menyatakan bahwa kita adalah satu dan solid sebagai masyarakat Sulut dalam menanggapi isu-isu aktual yang ada” ungkap Star Wowor. Pada kesempatan yang sama, staf ahli juga menyampaikan bahwa masyarakat Sulut harus bangga dengan keberadaan Sulut sebagai salah satu daerah teraman di Indonesia.

“FGD ini dilaksanakan sebagai tanggung jawab KAHMI untuk mewujudkan Provinsi Sulawesi Utara yang rukun dan damai, karena torang samua ciptaan Tuhan dan torang samua basudara” Ungkap H. Usran Mantow, selaku ketua panitia.

Apresiasi muncul dari setiap tamu undangan yang hadir dalam FGD tersebut. Mereka menilai bahwa apa yang dilaksanakan KAHMI adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap isu-isu actual yang sedang beredar saat ini.

Di akhir acara, Drs. Kalou Tahirun, selaku moderator menyimpulkan hasil FGD tersebut antara lain, acara seperti ini perlu diperbanyak dalam rangka menjaga silahturahmi dan dialog. Selanjutnya, perlu diadakannya ruang-ruang publik untuk kerja sama, dan upaya penangkalan dini setiap bahaya. Selain isu radikalisme, perlu ada fokus pada ancaman lain yang dapat timbul seperti narkoba dan lain-lain, dan media harus lebih bertanggung jawab dalam pemberitaan.

Acara berakhir pada pukul 17.30 WITA dengan foto bersama dari narasumber dan unsur-unsur lain yang terlibat pada kegiatan FGD. (AH)

TINGGALKAN BALASAN