Potensi UMKM di Pasar Global

Pertemuan ke-24 forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Lima, Peru {Sumber: news.abs-cbn.com}

Lima, Semarak.news – Penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu strategi Indonesia dalam mengoptimalkan potensi domestik di kancah dunia. Dalam pertemuan ke-24 forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Lima, Peru, penguatan UMKM dan kewirausahaan menjadi salah satu topik yang dibahas bersama. Apabila 21 negara anggota APEC mendorong pembangunan UMKM, para pemilik UMKM akan bebas memasarkan produknya dengan harga yang adil ke mana saja menggunakan jaringan internet.

Penguatan UMKM secara inklusif didukung koneksi internet sangat penting untuk memperluas akses pasar lintas negara sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan pertumbuhan ekonomi lokal dan regional.

Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski dalam pidato pembukaan pertemuan pemimpin ekonomi anggota APEC mengingatkan kepada perwakilan negara terkait adanya ancaman proteksionisme penghambat pasar bebas. Proteksionisme penghambat pasar bebas tersebut juga akan mengganggu upaya penciptaan lapangan kerja sehingga berdampak buruk bagi perekonomian global.

Kepala Dewan Penasihat Bisnis APEC, Juan Raffo dalam forum APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Sabtu (19/11) mengatakan bahwa anggota APEC perlu mendorong perkembangan UMKM dengan mempromosikannya ke pasar bebas. Selain itu, juga perlu memperluas partisipasi UMKM di pasar global dan membantu mencapai pertumbuhan berkualitas, menciptakan lapangan kerja, dan memanfaatkan globalisasi. (HRD/K)

TINGGALKAN BALASAN