Isu Rush Money Mencuat, Jangan Tarik Dana dari Bank

Rush Money [Sumber : http://indowarta.com]

Jakarta, Smearak.News – Setelah adanya aksi bela Islam yang terjadi 4 November kemarin, saat ini telah tersebar isu Rush Money atau ajakan untuk menarik uang tunai sebanyak-banyaknya dari bank. Isu tersebut di sebar melalui berbagai media sosial. Isu propaganda tersebut berisikan kalimat berikut :

“Action nyata yang bisa kita lakukan dengan perlawanan halus, dengan hasil nyata. Masih dalam rangka menunggu keputusan hukum terhadap Ahok, dan gencar perang opini untuk membalikkan fakta/kenyataan di lapangan melalui BC ini:
Saya menghimbau kepada seluruh Ummat Islam untuk melakukan aksi :
RUSH MONEY, yaitu dengan cara tarik semua dana di bank sampai keadilan ditegakkan bagi di penghina Al-Quran…”

Isu tersebut di sebar dengan menambahkan keterangan bahwa umat Islam tidak perlu menabung dibank karena riba. Selain itu yang diuntungkan kebanyakan adalah para pengusaha Cina. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan akan menindaklanjuti penyebaran isu tersebut dan akan menangkap pelaku penyebaran. Beliau juga telah memerintahkan Bareskrim (Badan Reserse Kriminal), Polda Metro, semua jaringan kelompok cyber, dan investigasi untuk melakukan pelacakan.”

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memperkuat pernyataan tersebut bahwa ajakan rush money akan merugikan perbankan dan masyarakat sendiri terutama masyarakat miskin.

“Oleh karena itu hati-hati dalam melakukan tindakan yang bisa melukai dan memengaruhi kepentingan masyarakat sendiri. Kalau merusak dan terutama merusak kepentaingan masyarakat miskin, tentu sangat bertentangan erat dengan yang mereka mau tuju kan ?” jelasnya. (WPP)

TINGGALKAN BALASAN