JAM Keluarkan Peringatan Tsunami Pasca Gempa 6,9 SR di Fukushima

Foto: Bloomberg

Tokyo, Semarak.News- Gempa berkekuatan 6,9 SR terjadi di kedalaman 11,3 km lepas pantai Fukushima, Jepang, pagi tadi sekitar pukul 06.00 waktu setempat. Satu jam kemudian, Badan Meteorologi Jepang (JAM) mengeluarkan peringatan tsunami.

Sejauh ini, telah terjadi tiga kali gempa susulan yaitu pada pukul 06.10, pukul 6:39 dan pukul 6:51 waktu setempat. Gempa juga terjadi di Mikawawan perfektur Aichi, Jepang Tengah dengan kekuatan 3,3 SR pada pukul 06.21 waktu setempat dan di Kumamoto, selatan Jepang dengan kekuatan 2,7 SR pada pukul 06:46 waktu setempat

Gempa ini membuat masyarakat resah karena ada reaktor nuklir di Fukushima. Warga yang tinggal di sekitar pantai dan sungai langsung dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Badan Meteorologi Jepang mengimbau agar masyarakat tetap di lokasi aman sampai peringatan dicabut.

“Kerusakan akibat gelombang tsunami bisa diperkirakan. Evakuasi segera dari daerah pesisir dan daerah tepi sungai ke tempat yang lebih aman seperti dataran tinggi atau bangunan lokasi evakuasi. Gelombang tsunami diperkirakan terjadi berulang kali. Jangan meninggalkan lokasi aman sampai peringatan dicabut,”  jelas Badan Meteorologi Jepang.

Beberapa gelombang tsunami sudah mulai terlihat dan yang terbesar setinggi 90 cm terjadi di pantai timur laut Fukushima.

Tidak menutup kemungkinan, tsunami juga berpotensi melanda wilayah lain dari kawasan Pasifik.

“Ancaman tsunami untuk bagian lain dari yang kawasan Pasifik yang dekat dengan gempa,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Gempa sempat membuat reaktor nuklir di Fukushima berhenti, namun sekarang sudah normal kembali.

[KDS]

TINGGALKAN BALASAN