Bentrok Mahasiswa UIN Sumut, Aktivitas Perkuliahan Terhenti

Foto: medan.tribunnews.com

Medan, Semarak.News- Bentrok antara ratusan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UIN) Sumatera Utara dengan Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Satma PP) dan Ukomi di Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut), Jalan Pasar V, Desa Medan Estate, Percut Sei Tuan, Medan menyebabkan aktivitas perkuliahan terhenti (21/11).

Bentrokan terjadi karena Pemukulan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F), Alamsyah Toyib Hasibuan (22), oleh Kepala Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbanglis), Bibi (36) pada Minggu (20/11).

Diketahui bahwa hari sebelumnya Bibi membubarkan paksa pertandingan futsal yang diadakan Alamsyah.  Namun, Alamsyah melakukan penolakan. Kemudian Bibi langsung menghajarnya hingga babak belur.

Tidak terima dengan pemukulan tersebut, keeesokan harinya ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Kesatuan Aksi Mahasiswa Anti Kekerasan Kampus (IKAMAKK) UIN Sumut melakukan aksi unjuk rasa. Namun, rekan-rekan Bibi dari Satma PP dan Ukomi menyerang mahasiswa yang sedang berunjuk rasa menggunakan batu dan kayu yang sudah dipasangi paku. Tidak terima dengan serangan tiba-tiba tersebut, IKAMAKK melakukan penyisiran terhadap anggota Satma PP.

Sedikitnya delapan mahasiswa mengalami luka-luka. Empat di antaranya kritis dan langsung dilarikan ke RS Haji untuk mendapatkan perawatan medis.

Takut ikut menjadi korban, mahasiswa lain menghindari lokasi bentrok guna menyelamatkan diri.

Bentrok baru mereda setelah diamankan oleh Sabhara Polrestabes Medan.

“Sudah kita bubarkan. Saat ini suasana di kampus sudah kembali kondusif. Mengenai bentrok masih dilakukan koordinasi dengan pihak rektor,” ujar Kasat Sabhara Polrestabes Medan Kompol Siswandi.

Dari pihak rektorat sendiri telah memanggil perwakilan dari ke dua kubu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Usai dibubarkan, mahasiswa melakukan aksi pembakaran kayu dan meja di bawah wall climbing mahasiswa pecinta alam. Sekuriti kampus dikerahkan untuk berjaga di lokasi bentrok.

[KDS]

TINGGALKAN BALASAN