Akibat Biaya Distribusi, Harga Sembako Naik

Foto: Niaga TV

Jakarta, Semarak.news – Harga sembilan bahan pokok (Sembako) yang ada di Kepulauan Seribu lebih tinggi 20 persen dibandingkan dengan harga di daerah Jakarta Selatan. Tingginya harga sembako ini di akibatkan karena tidak adanya pasar tradisional di kepulauan seribu.

“Kami mencatat, harga kebutuhan pangan di Kepulauan Seribu itu lebih mahal 10 sampai 20 persen dari di darat” ujar Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta

Kepala biro Perekonomian DKI Jakarta Sri Haryati pihaknya telah merencanakan membangun pasar tradisional di Kepulauan Seribu. Pembangunan pasar tradisional di Kepulauan Seribu dijadwalkan dimulai awal tahun depan. Sekarang pihaknya sedang mencari lokasi pulau ideal untuk dibangun pasar.

Bupati kepulauan seribu Budi Utomo mengakui, harga pangan di wilayahnya lebih mahal di bandingkan dengan harga di daratan. Faktor utama harga menjadi mahal dipengaruhi biaya distribusi.

“Jadi, gini, di darat itu mereka kaitan bahan pokok itu akan belanja di Tangerang. Atau dari Tangerang masuk pedagang datang dari sana merekakan pakai kapal. Kapal itu yang membuat distribusi harganya lebih tinggi” ujar Budi.

Budi juga menambahkan, permasalahan harga mahal juga lebih disebabkan oleh tidak adanya pasar tradisional di Kepulauan Seribu. (RYA)

TINGGALKAN BALASAN