Di Usia 28 Tahun, Repala Tetap Aktif dalam Kegiatan Lingkungan

Foto: Instagram @repalasmasa

Pasuruan, Semarak.news – Bravo Repala! Seperti itulah kira-kira teriakan penyemangat dari anggota Repala di sela acara Dies Natalies ke-28, Sabtu (19/10) malam. Meski sederhana, acara yang dilaksanakan di Taman Pekuncen tersebut cukup menghibur.

Repala atau Remaja Pecinta Alam, adalah organisasi pecinta alam yang berada di bawah SMA 1 Pasuruan. Repala masih terhitung sebagai ekstra kurikuler, namun keanggotaannya tidak terbatas selama menjadi siswa.

Di dalam Repala, ada sebutan anggota muda, anggota tetap, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan. Anggota muda dan anggota tetap merupakan sebutan bagi siswa aktif, hanya dibedakan oleh kelulusan diklat pecinta alam.

Anggota luar biasa adalah sebutan seumur hidup bagi anggota yang talah lulus. Saat ini, Repala memiliki empat anggota kehormatan, yaitu orang-orang yang telah berjasa dalam memanjukan organisasi.

Acara Dies Natalis Repala kali ini dihadiri oleh berbagai angkatan, termasuk slaah satunya adalah Mas Paimo, anggota Repala angkatan 4 yang lulus diklat tahun 1992. Sungguh loyalitas yang sangat luar biasa ditunjukkan oleh Mas Paimo.

“Repala terbentuk sejak 10 November 1988, digagas oleh ide-ide siswa yang memiliki hobi dan kepedulian tentang kelestarian lingkungan alam.” Ujar salah satu anggota, Saipul.

Saipul menambahkan dirinya menjadi lebih mandiri dan memiliki banyak teman sejak bergabung dengan Repala. Dia bersyukur bisa berteman dengan anggota lain, meskipun itu sudah menjadi bapak-bapak dan ibu-ibu.

Di Kota Pasuruan, Repala bisa disebut sebagai organisasi pecinta alam yang paling aktif dalam menyelenggarakan kegiatan peduli lingkungan. Tahun 2013, Repala mengadakan kegiatan tanam mangrove yang dihadiri oleh Walikota Pasuruan saat itu, H. Hasani. Sungai Gembong yang membelah Kota Pasuruan juga tidak luput dari program bersih-bersih Repala.

“Dengan acara ini saya berharap tali silaturahmi dapat terus terjalin erat, di tahun yang akan datang kami Insyaallah akan mengundang organisasi pecinta alam lain yang ada di Kota Pasuruan.” Kata Maulana, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Repala.

Acara Diesnatalis ditutup dengan doa bersama dan ramah tamah antar anggota. (SAM)

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN