IYOIN Surabaya: Satu Aksi Menghidupkan Banyak Mimpi

IYOIN
Kegiatan Peduli Surabaya oleh IYOIN di MI Bahagia Surabaya, Sabtu (19/11/2016) [Sumber: Arsip Semarak]

Surabaya, Semarak.news – Indonesian Youth Opportunities in International Networking atau IYOIN kembali mengadakan kegiatan sosial yang dihelat secara serentak di beberapa daerah di Indonesia pada Sabtu, 19 November 2016. Kegiatan bertajuk “Peduli Indonesia” ini salah satunya diadakan di Kota Pahlawan Surabaya dengan tema “Satu Aksi Menghidupkan Banyak Mimpi”, tepatnya di MI Bahagia yang terletak di Jalan Gunung Sari 1 No. 1 Surabaya.

Ketua Penyelenggara Peduli Indonesia Surabaya, Fibrya Muslimatul, mengatakan bahwa kegiatan Peduli Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Surabaya, dan rencananya akan dijadikan salah satu agenda tahunan IYOIN. Kegiatan Peduli Surabaya sendiri merupakan kegiatan sosial yang berfokus pada pemberian bantuan kepada sekolah yang dianggap masih kurang dari segi sarana dan prasarana pendidikan. IYOIN dalam hal ini menyalurkan bantuan berupa buku, seragam, dan alat tulis yang dihimpun dari sumbangan organisasi maupun masyarakat melalui internet kepada MI Bahagia Surabaya.

“Kita dapat dana dari organisasi dan sumbangan umum masyarakat lewat media internet,” ujar Fibrya atau yang akrab dipanggil Ebik.

Jika ditilik lebih mendalam, kondisi suasana belajar mengajar di MI Bahagia memang dapat dikatakan kurang mendukung bagi siswa maupun pengajar. Di Madrasah tersebut bahkan terdapat beberapa siswanya yang terpaksa tidak mengenakan seragam karena faktor keterbatasan ekonomi. Memahami kondisi tersebut, pihak Madrasah memberikan kelonggaran penggunaan baju bebas sopan bagi siswa tidak mampu.

“Kita sebenarnya ingin melakukan kegiatan lebih dari satu hari, tapi karena panitia ini gabungan mahasiswa dan relawan umum, jadi waktu kegiatan dibuat cukup satu hari saja,” imbuh Ebik.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga diselipkan pemberian wawasan dan motivasi oleh Panitia Peduli Indonesia Surabaya kepada siswa-siswi MI Bahagia Surabaya yang berisikan tentang pentingnya pendidikan dalam meraih cita-cita. Melalui satu kegiatan ini, IYOIN berharap agar para pelajar, khususnya di MI Bahagia, dapat terus memiliki motivasi belajar untuk mencapai cita-citanya dan menghidupkan mimpi-mimpinya. (MI/MII)

TINGGALKAN BALASAN