Aliansi Kebangsaan Jawa Timur Gelar Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI

Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI

Surabaya, Semarak.News – Ratusan warga Jatim yang tergabung dalam Aliansi Kebangsaan Jawa Timur menggelar Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI di depan Gedung Negara Grahadi. Dalam kegiatan tersebut sejumlah ormas yang terdiri dari: JPKPN Jatim (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Nasional-Jawa Timur), JNIB (Jaringan Nasional Indonesia Baru) Cab. Jatim, PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) St. Lukas Cab. Surabaya, GMKI (Gerakan Mahasiswa Katolik Indonesia) Cab. Surabaya, CT (Cakrawala Timur), KMHDI (Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) Cab. Surabaya, FKPPI Jatim (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia), BARA JP Jatim (Barisan Relawan Jalan Perubahan), IPPTN (Ikatan Putra Putri Tumbal Negara), ALMISBAT, SAPULIDI (Persatuan Perempuan Peduli Generasi Indonesia), Seknas-Jokowi Jatim, GusDurian Surabaya, KPJ (Kelompok Pengamen Jalanan), Budhist Education Centre, Majelis Buddayana Indonesia, Boen Bio Jawa Timur, Banteng Reformasi Indonesia, API Jatim (Aliansi Petani Indonesia), SAKERA (Satu Kedaulatan Rakyat), PAB (Perjuangan Anak Bangsa), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), KAMUS-PR, FORKOM BLB (Forum Komunikasi Banteng Lawas Bersatu), Forum Xmas, PMII Komisariat Unsuri, PMII Komisariat UPN, PMII Komisariat Unusida, LDF-UINSA (Left Democration Force),  Buddhayana Dharmawira Centre, WKRI (Wanita Katolik Republik Indonesia, dan MAKIN (Majelis Agama Khonguchu Indonesia) melalui setiap perwakilannya menyerukan orasi budaya yang intinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia “bahwa Indonesia adalah SATU, tidak ada perbedaan, melainkan keberagaman dan ini yang memberikan persatuan bagi NKRI. Sehingga Indonesia tidak takut dengan adanya ancaman para teroris yang ingin memecah belah Negeri ini”.

Selain Orasi Budaya dan ikrar kesetiaan rakyat indonesia, Aliansi Kebangsaan Jawa Timur juga memberikan pernyataan sikap yang diantaranya:

1. Menegaskan dan meneguhkan Pancasila adalah jiwa kami, NKRI adalah rumah kami, Bhinneka Tunggal Ika adalah pergulan hidup kami.
2. Mempertahankan Pemerintahan Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Jokowi Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla.
3. Porli harus bertindak tegas melakukan penegakan hukum terhadap gerakan yang ingin menggantikan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4. Menyerukan Kepada Seluruh Rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jawa Timur khususnya untuk tetap bersikap dan menciptakan toleransi terhadap setiap perbedaan Suku, Agama, dan RAS.

Dalam kegiatan tersebut pertunjukan kesenian daerah juga ditampilkan yakni: Tarian Reog Ponorogo, Permainan alat musik Gamelan, dan pertunjukan Barongsai. Dan diakhiri dengan doa lintas agama dimana seluruh peserta saling bergandengan tangan untuk mendoakan keutuhan NKRI. (RAP)

Aliansi Kebangsaan JATIM
Aliansi Kebangsaan JATIM
Doa Lintas Agama
Doa Lintas Agama

TINGGALKAN BALASAN