Gempa di Malang Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Tetap Tenang

[Foto: kepanjenonline.blogspot.com]

Malang, Semarak.News– Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR terjadi di Malang. Gempa tersebut sempat menimbulkan kepanikan pada warga. Warga  seketika berlarian ke luar rumah akibat guncangan gempa yang cukup besar.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang menyikapi guncangan gempa bumi.

“Diimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” kata Kepala Sub Bagian Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary Tirtojatmiko.

Gempa terjadi akibat pergeseran subduksi lempeng. Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju sekitar 70 mm/tahun mengalami deformasi batuan di zona Benioff pada kedalaman 91 km sehingga memicu terjadinya gempa bumi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

Daryono juga mengatakan bahwa telah terjadi gempa susulan berkekuatan 4,3 SR pada pukul 23.00 WIB.

Informasi dari BMKG, gempa yang terjadi pada Rabu (16/11/16) pukul 22:10:11 WIB berpusat di 9.32 LS dan 113.12 BT, posisi 127 km tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 69 km. gempa terjadi selama lebih kurang dua menit.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Pusat Gempa Nasional-Indonesia Tsunami Early Warning System (PGN-InaTEWS). Informasi dari PGN-InaTEWS, gempa ini juga terletak di 136 km barat daya Lumajang, 142 km barat daya Jember, 232 km tenggara Surabaya, dan 782 km tenggara Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menerima laporan bahwa gempa tersebut menyebabkan padamnya aliran listrik dan dua buah rumah warga ambruk saat gempa terjadi. Sampai saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat gempa.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan,”Wilayah Kabupaten Malang, khususnya Malang selatan semua kena. Sejauh ini hanya Dampit yang mati lampu sampai saat ini pukul 23.10.”

Meskipun tidak berpotensi menimbulkan tsunami, warga diminta agar warga Malang dan sekitarnya tetap waspada mengingat akan adanya gempa susulan.

Gempa tersebut tak hanya dirasakan di Malang sekitarnya, namun juga di Bali. Gempa di Bali terasa selama lebih kurang 10 detik. Meskipun demikian, suasana di Bali terpantau dalam keadaan kondusif. [KDS]

TINGGALKAN BALASAN