POLRI: Ahok Ditetapkan Sebagai Tersangka

Jakarta, Semarak.News – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri dalam kasus penistaan agama. Penistaan tersebut mengenai surat Al Maidah ayat 51 yang disampaikan Ahok di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 yang lalu, kemudian Polri meningkatkan kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Hal itu diumumkan oleh Komjen Ari Dono Sukmanto selaku Kepala Bareskrim Polri dalam jumpa pers sekitar pukul 10.00 WIB di Mabes Polri, Jakarta, Rabu pagi (16/11/2016).

“Konsekuensinya proses penyelidikan ini akan ditingkatkan ke tahap penyidikan, dengan menetapkan saudara Insinyur Basuki Tjahaja Purnama MM sebagai tersangka,” ungkapnya

Kemudian Polri melakukan tindakan pencegahan kepada Ahok agar tidak meninggalkan Indonesia.

Polri akan menerbitkan surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) dan penyidik akan secepatnya membawa hasil penyidikan ke jaksa penuntut umum dan Polri juga siap menghadapi proses praperadilan bila nantinya diajukan oleh pihak Ahok.

Sebelumnya, Bareskrim melakukan gelar perkara, Selasa (15/11/2016), yang menghadirkan pelapor, kuasa hukum terlapor, dan saksi ahli. Kabareskrim Komjen Ari Dono memimpin gelar perkara tersebut dan dalam gelar perkara tersebut, pihak pelapor dan terlapor masing-masing menghadirkan enam ahli. Polri juga telah memeriksa 29 saksi dan 39 ahli. MNA

TINGGALKAN BALASAN