Jakarta, Semarak.news  Berbadan ramping sebenarnya menyehatkan, tetapi berat badan di bawah normal alias kurus bisa menenggelamkan kepercayaan diri seseorang. Sayangnya, usaha menambah berat badan seringkali tidak semulus kelihatannya.

Menurut dr.Stella Evangeline Bela, spesialis gizi klinik, orang yang sulit menaikkan berat badan perlu melakukan analisa kesehatan fisik, terutama pola makannya.

Stella mengatakan, jika ingin menambah berat badan, yang harus ditambah tentu kalorinya. “Caranya dengan mengasup apa yang mudah dikonsumsi, paling mudah dengan minum susu. Itu pun tidak cukup hanya pagi dan malam, tapi paling tidak setiap porsi makan ditambah susu,” ujarnya.

Pilihan susunya boleh susu khusus yang tinggi protein atau yang tinggi kalori. “Susu biasa juga bisa tapi agak dibuat kental agar kalorinya tinggi,” imbuhnya.

Selain pola makan, perlu dicek juga kondisi saluran pencernaannya. Untuk mengetahui ada tidaknya masalah, perlu dilakukan pemeriksaan feses. Faktor lain yang harus diperiksa adalah hormonal. Gangguan hipertiroid menurut Stella merupakan salah satu penyebab berat badan sulit bertambah.

Orang yang mengalami hipertiroid selain cenderung bertubuh kurus, juga memiliki gejala lain seperti mata melotot, sering berdebar-debar, atau keringat dingin.Upaya menaikkan bobot tubuh juga bisa terhambat oleh adanya penyakit infeksi. Penyakit ini seperti benalu bagi tubuh kita. (FMC)

TINGGALKAN BALASAN