Launching Rumah Pintar Pemilu untuk Masyarakat Banten

Kata Sambutan Juri Adiantoro dalam Pembukaan Launching Rumah Pintar Pemilu

Serang, Semarak.news – Rumah Pintar Pemilu merupakan salah satu program KPU Banten yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait Penyelenggaraan Pemilu.

Rumah Pintar Pemilu tersebut berisikan mengenai berbagai macam informasi seputar pemilu seperti sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi bagi masyarakat, tahapan pemilu, profil penyelenggara pemilu, bahkan profil kandidat pasangan pemimpin daerah.

Dalam acara Launching Rumah Pintar Pemilu oleh KPU Provinsi Banten (Selasa, 15/11/2016). Juri Adiantoro (Ketua Divisi Umum, Rumah Tangga, dan Organisasi KPU RI) mengatakan Rumah Pintar tersebut berfungsi sebagai fasilitas informasi mengenai pemilu.

Juri Adiantoro (Ketua KPU RI) bersama Agus Supriyatna (Ketua KPU Banten)
Juri Adiantoro (Ketua KPU RI) bersama Agus Supriyatna (Ketua KPU Banten)

Sarana Fasilitas tersebut ditujukan khususnya kepada pemilih pemula di provinsi Banten yang mencapai 30% dari total penduduk Banten.

Selain itu, masyarakat umum juga berhak mengakses fasilitas tersebut guna meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemilu dan demokrasi bagi masyarakat.

“Secara meluas Rumah pintar pemilu diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang politik” ungkapnya.

Pentingnya kesadaran masyarakat akan politik merupakan salah satu hal dasar yang harus dipahami bersama mengingat kedaulatan bangsa berada di tangan rakyat.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini penyelenggaraan Pemilukada di Indonesia identik dengan memilih kucing dalam karung” Jelasnya.

Pemilihan kepala daerah tanpa mengetahui program serta visi dan misi yang diusung oleh calon pasangan pemimpin daerah sudah menjadi hal yang wajar di kalangan masyarakat.

“Masyarakat memiliki andil dalam menentukan pemimpin yang memiliki kapasistas dan integritas untuk memimpin daerahnya” jelasnya.

Oleh sebab itu, KPU khususnya Provinsi Banten melalui Rumah Pintar Pemilih berusaha untuk memberikan gambaran, pandangan, serta persepsi kepada masyarakat bahwa masyarakat perlu untuk mengetahui latar belakang calon pemimpin.

Latar belakang calon pemimpin tersebut diharapkan mampu mewujudkan Pilkada yang objektif serta bertujuan untuk membangun daerah selama 5 tahun mendatang, khususnya Provinsi Banten.

TINGGALKAN BALASAN