Wakil Rois NU Sulut Ini Usulkan Pancasila Dijadikan Agama Publik

Logo NU

Manado, Semarak.news – Banyaknya konflik yang berlandaskan kepercayaan agama di Indonesia membuat Pengasuh Majelis Ta’lim Al-Hikam Cinta Indonesia Sulawesi Utara, Habib Munsin Bill angkat Bicara.

Pria yang juga wakil Rois Nahdatul Ulama Sulut ini meminta agar Pancasila dijadikan sebagai agama Publik.

Hal ini diutarakannya pada diskusi kecil, Jumat (11/11) di Kecamatan Mapanget.

“Banyaknya konflik yang terjadi di Indonesia dikarenakan masyarakat masih kurang menghargai masing-masing agama privat mereka, untuk itu Pancasila harus dianggap sebagai agama penyatu,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada hakekatnya sebagai warga yang tinggal dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, seharusnya kita jangan saling menilai agama mana yang benar dan mana yang salah.

“Kita harus saling menghormati, jangan semena-mena terhadap orang lain intinya agama privat kita biar Allah saja yang menilai, jangan bandingkan Dengan agama orang lain,” papar dia.

Ia berharap kedepannya Pancasila yang merupakan dasar negara bisa juga punya peran penting sebagai agama Publik.

“Didalam Pancasila semua jelas tertulis ketuhanan yang maha esa, artinya biarkan Allah kita dalam Agama Privat itu menjadi urusan pribadi, Namaun sebagai warga Indonesia Pancasila adalah agama semua Masyarakat. Dan itu tidak bisa dibeda-bedakan,” tandasnya

TINGGALKAN BALASAN