Mari Berkarya melalui Pilkada Apps Challenge yang dipersembahkan KPU Banten

Foto Bersama

Serang, Semarak.news – Pentingnya Peran Pemuda dan Teknologi dalam rangka meningkatkan pemahaman Politik khususnya Pilkada Serentak 2017.

Berdasarkan data dari KPU, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna internet terbanyak dengan total 83,7 juta pengguna di tahun 2014.

Pemanfaatan teknoogi dalam pemilu memiliki pengaruh terhadap meningkatnya partisipasi pemilih meskipun belum terlalu signifikan.

Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi yang memiliki pemilih terbanyak yaitu 7,8 juta pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Data tersebut masih akan mengalami pembaharuan hingga ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari total 7,8 juta pemilih tersebut, hasil survey KPU membuktikan bahwa sebanyak 30% dari total pemilih Provinsi Banten adalah tergolong Pemilih pemula.

Oleh karena itu, KPU Provinsi Banten bekerjasama dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berinisiasi untuk memadukan antara Peran penting Pemuda dan Teknologi guna meningkatkan Partisipasi pemilih di Pilkada Banten pada 15 Februari 2017.

Perpaduan tersebut diimplementasikan dalam suatu perlombaan yang diberi nama “Pilkada Banten Apps Challenge”.

“Perlombaan Pilkada Apps Challenge ini bertujuan untuk menciptakan suasana Fun dan mendidik bagi masyarakat khususnya Provinsi Banten” Ungkap Agus Supriyatna (Ketua KPU Provinsi Banten) seusai Acara Launching Apps Challenge Pilkada Banten 2017, (11/11/16) di Gedung KPU Banten.

Apps Challenge merupakan serangkaian kegiatan kompetisi antar programmer computer khusunya bagi pelajar Banten untuk membuat aplikasi (Apss) mengenai informasi Pilkada Banten 2017. Aplikasi tersebut nantinya akan berbasis IOS, Android, Windows Phone, dan Website.

“Aplikasi tersebut akan membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Banten 2017” ungkapnya.

Konten yang akan mengisi aplikasi tersebut meliputi latar belakang kandidat, visi/misi yang diusung oleh kandidat, dana kampanye yang dimiliki oleh tim pemenangan, dan berbagai informasi mengenai Pilkada Banten 2017.

Perlombaan ini dikhususkan bagi masyarakat Banten khususnya para pelajar yang sedang melakukan Pendidikan di Banten.

Bagi peserta yang berminat mengikuti perlombaan tersebut dapat melakukan pendaftaran di www.bit.ly/pilkadabantenappschallenge.

KPU menawarkan total hadiah hingga 32 juta bagi pemenang.

Poster Lomba
Poster Lomba

TINGGALKAN BALASAN