Scabies, Teman Tidur yang Mengerikan

Scabies, Teman Tidur yang Mengerikan

gambar: webmd.com

Jakarta, Semarak.news – Pernahkah Anda merasakan gatal yang hebat dimalam hari pada bagian sela-sela jari Anda?. Atau pada sela-sela jari Anda terdapat bentol-bentol berisi cairan?. Kalau iya, ada kemungkinan Anda menderita scabies atau kudis.

Penyakit ini disebabkan oleh Sarcoptes scabies sering juga disebut kutu kasur atau tungau. Penyakit ini umumnya diderita oleh masyarakat yang tinggal di asrama misalnya pesantren maupun boarding school lainnya. Sarcoptes scabies hidup di daerah yang lembab seperti kasur dan sifatnya menular.

Sarcoptes scabies memiliki ukuran badan yang sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop. Adapun cara kutu ini menginfeksi manusia yakni dengan membuat lubang/liang pada kulit untuk bertelur. Sarcoptes scabies dapat bertelur hingga 50 butir telur dan menetas kurang dari seminggu. Setelah menetas, maka kutu tersebut naik ke permukaan kulit dan memulai siklus yang sama. Kutu ini hanya dapat bertahan hidup selama 3-4 hari saja pada suhu kamar.

Gejala yang ditimbulkan oleh kutu ini diantaranya timbulnya rasa gatal dan bentol dibagian sela-sela jari, ketiak, perut, selangkangan, bokong, hingga organ kelamin. Dan jika tidak diobati maka bentol-bentol kecil tadi akan membesar dan berisi nanah sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat disertai pembengkakan.

Penyakit ini dapat dicegah dengan cara rajin mencuci seprai serta perlengkapan tidur lainnya, sofa dan karpet lalu jemur diterik matahari. Namun apabila terlanjur terinfeksi maka segera konsultasi dengan dokter sekeluarga untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (MFT)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN