Unjuk Rasa Tolak Trump Diwarnai Aksi Bakar Bendera AS

Washington, Semarak.news – Menyusul kemenangan Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS, unjuk rasa merebak di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Beberapa ratus orang di depan Gedung Putih, Washington, menyalakan lilin di tengah malam sambil  membawa poster bertuliskan “Kami memiliki suara, pendidikan untuk semua” melontarkan kritikan dan isu diantaranya terkait dengan “TrumpRasisme”,“TrumpSexisme” dan “TrumpXenophobia”.

Dikutip dari Kompas.com, aksi serupa pun dilaporkan terjadi di sejumlah kota di penjuru AS, seperti Chicago, Philadelphia, Portland, Oregon, Seattle, dan kota-kota lainnya.

Aksi lain terjadi di Union Square, New York, massa berkumpul sambil memegang spanduk bertuliskan “Love Trumps Hate” dan “Trump Grabbed America by the Pussy!“. Pendemo lalu melakukan aksi longmarch dan bernyanyi di depan Trump Tower.

Belum lagi di Pennsylvania, ratusan mahasiswa University of Pittsburgh melakukan aksi jalan kaki di sepanjang jalan-jalan kota itu sambil mengajak warga untuk bergabung.

Seluruh aksi tersebut berlanjut hingga tengah malam. Satu orang dilaporkan mengalami luka serius dalam aksi yang berlangsung di Oakland, California, ketika pendemo membobol toko dan membakar sampah.

Trump memang menjadi sorotan warga Amerika Serikat karena sikapnya yang terlalu rasis dan kontroversial. Sampai berita ini diterbitkan, aksi unjuk rasa masih terjadi di beberapa tempat.

TINGGALKAN BALASAN