Menikmati Gurih Manisnya Ketoprak Bharata

Foto: myeatandtravelstory

Jakarta, Semarak.news- Bagi para pecinta makanan khas Jakarta yang satu ini, datanglah ke Pasar Senen Jakarta tepatnya di sebelah gedung Bharata Purwa.

Orang-orang sekitar mengenal makanan khas ini dengan ketropak bharata, karena kebetulan tempat berjualan ketoprak ini bersebelahan dengan tempat pertunjukan wayang yaitu gedung Bharata Purwa.

Ketoprak yang digawangi oleh Pak Agus ini konon sudah berjualan sejak 1980an disini semenjak tahun 1970an didirikannya gedung Bharata Purwa ini. Jadi disini kita dapat menikmati “double” ketoprak, yaitu ketoprak orang dan ketoprak makanan yang setia menemani.

Tiap hari dari sore hari Pak Agus sudah mulai berjualan. Sekitar jam 9an ketoprak ini mulai ramai diburu baik dari kalangan biasa sampai orang-orang necis dengan mobil mewahnya.

Uniknya ketoprak bharata ini daripada ketoprak-ketoprak lainnya adalah adanya sate kulit dan dan sate ati ampela yang tidak kita jumpai di ketoprak pada umumnya.

Dan untuk ketopraknya sendiri, rasanya sangat lezat. Ternyata rahasia dibalik kelezatan bumbu pada ketoprak ini adalah pada penggunaan kacang tuban sebagai bumbu utamanya. Dibandingkan dengan kacang tanah biasa konon katanya kacang tuban mengeluarkan rasa yang lebih manis.

“Satu hal yang kurang dari ketoprak ini, bumbu kacangnya kurang banyak” tutur Ani salah satu pelanggan tetap ketoprak bharata ini. (ASY)

TINGGALKAN BALASAN