Indonesia Mampu Mengatasi Perlambatan Ekonomi

Gambar: arieanggara

Jakarta, Semarak.news – Selama dua tahun kepemimpinan Jokowi-JK Indonesia sekarang telah membuahkan keberhasilan. Yaitu melalui kebijakan-kebijakan yang dilakukan telah membantu Indonesia untuk keluar dari pusaran perlambatan ekonomi global.

Sesuai pernyataan dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, perekonomian Indonesia selama tiga hingga lima tahun terakhir bahwa perekonomian Indonesia sedang tidak sehat. Melihat kondisi tersebut, Darmin mengatakan banyak negara maju yang mengeluarkan kebijakan tidak lumrah dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara berkembang.

“Kebijakan yang tidak lumrah itu bisa menolong bagi negara tertentu yang lebih dulu menjalankan kebijakan itu dan bisa merugikan atau tidak menolong banyak negara lain,” katanya dalam konferensi pers Dua Tahun Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (25/10).

Dengan banyaknya negara yang terpengaruh dalam perekonomian global tersebut. Tiap negara harus mengambil langkah agar tidak ikut terseret ke dalam arus perlambatan tersebut.

Di ASEAN ini Indonesia merupakan negara yang tidak terlalu terseret dibanding dengan pusaran perlambatan dunia, selain Filipina dan Vietnam. Bahkan, perekonomian Indonesia masih jauh lebih baik daripada Brazil, Rusia, Afrika Selatan ataupun Turki.

“Bahkan kalau Rusia dan Brazil itu benar-benar sudah masuk ke area negatif pertumbuhannya, dan Afrika Selatan sudah d iambang kesulitan yang lebih besar dari sekadar perlambatan. Turki memang kebetulan juga ada persoalan politik sehingga kesulitan agak susah dibanding negara lain,” tutupnya. (SAM)

TINGGALKAN BALASAN