HTI Jatim Serbu Polda Jatim, Tuntut Ahok Dipenjarakan

Ahok
Massa HTI membawa poster menuntut penangkapan Ahok saat berdemo di depan Mapolda Jatim (4/11/2016) [Sumber: Arsip Semarak News]

Surabaya, Semarak.news – Ribuan massa HTI dari berbagai daerah di Jawa Timur memadati Kota Surabaya. Massa HTI menggelar aksi damai menuntut pemenjaraan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Aksi yang dilakukan dengan berjalan kaki dari Masjid Al-Akbar Surabaya hingga Markas Polda Jatim dan dilakukan setelah menunaikan sholat Jum’at di Masjid Al-Akbar

Sesampainya di Mapolda Jatim, sebanyak sepuluh orang perwakilan diterima oleh Kabid Propam Polda Jatim Kombes Pol Awang , Kabid Intelkam Polda Jatim AKBP Asmoro, dan Kaur Ops Polda Jatim Kombes Pol Lilik TJ. Cahyana untuk melakukan audiensi. Mereka menuntut perihal penangkapan Ahok yang diduga telah melakukan pelecehan terhadap Al-Quran lewat surat Al-Maidah ayat 51. Selain itu HTI dengan tegas menyatakan tidak akan mempercayai lagi Presiden dan Wakil Presiden apabila mereka sebagai umat muslim tidak mampu membela Islam.

“Ini bukan persoalan umat Islam di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia. Kami telah memberikan waktu sela dua minggu, tapi belum ada kejelasan dari kepolisian yang akan memproses Ahok,” ujar Ust. Nafis, Jumat (4/11/2016).

Aksi tersebut merupakan bentuk tindakan untuk menagih janji Wakapolda Jatim yang akan mengusut kasus dugaan penistaan agama. Mereka memastikan bahwa aksi serupa akan terulang lagi minggu depan jika belum terdapat perkembangan proses hukum dalam kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Aksi serupa juga terjadi pada waktu yang bersamaan di beberapa Ibu Kota Provinsi lainnya, seperti Medan, Semarang, dan Makassar. (MI)

TINGGALKAN BALASAN