Nelayan di Sumbawa Barat Semakin Makmur

Kepala DKPP saat menjelaskan program untuk nelayan KSB di kantornya. [Foto: Muchlis\SN]

Taliwang, Semarak.news – Usaha pemerintah untuk memakmurkan nelayan perlu diapresiasi, seperti yang dilakukan oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terus berusaha memajukan nelayan ataupun masyarakat pesisir di KSB.

Dijelaskan oleh Ir. Mansyur Sofyan selaku Kepala DKPP KSB, menjelaskan bahwa di bidang perikanan, dinas memiliki program yang bertujuan untuk meningkatkan usaha para nelayan yang ada di KSB.

“Kita meningkatkan usahanya, yang tadinya tradisional menjadi konvensional (lebih modern),” ujarnya kepada wartawan, Rabu (2/11/2016).

Mansyur juga menjelaskan, pada perikanan budidaya, dinas fokus pada budidaya rumput laut yang ada di Kertasari, Kecamatan Taliwang, dengan melengkapi sarana-sarananya. Selain itu, dinas juga akan memperdayakan nelayan yang ada di perairan umum daerah (PUD), seperti yang ada di Danau Rawa Taliwang atau biasa disebut Rawa Lebo Taliwang dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan alat tangkapnya.

Saat ditanyakan mengenai asuransi untuk nelayan, Mansyur memaparkan bahwa program asuransi untuk nelayan merupakan program yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan nelayan tidak perlu membayar premi untuk tahun ini.

“100% ditanggung pemerintah untuk tahun ini, nelayan yang mendapatkannya harus sesuai dengan persyaratan. Namun untuk saat ini sudah ada 392 kartu asuransi yang akan diberikan untuk nelayan di KSB,” tandasnya.

Diungkapkan juga olehnya, dinas berharap kepada pusat agar segera dibangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) agar nelayan dan masyarakat pesisir dapat lebih sejahtera. [MN]

TINGGALKAN BALASAN