Bonek: Persebaya Harus Jadi Voter Kongres PSSI

Bonek
Bonek melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Asprov PSSI Jatim [Sumber: Arsip Semarak News]

Surabaya, Semarak.news – Selasa (1/11/2016), ratusan Bonek (julukan suporter Persebaya) kembali melakukan aksi damai di Surabaya. Dalam aksinya kali ini, suporter berbaju hijau itu menuntut penetapan status Persebaya sebagai voter dalam Kongres PSSI yang akan dihelat pada 10 November 2016 mendatang di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.

“Kami memiliki dasar-dasar hukum yang telah kami uraikan dalam surat tuntutan tersebut, yang seharusnya ditaati oleh siapapun,” tutur Andy ‘Peci’, koordinator lapangan Bonek.

Dalam surat ‘Manifesto Bonek’ tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan statuta PSSI pasal 12 ayat (1), Persebaya adalah klub anggota PSSI. Hal ini membawa dampak pada pasal 14 ayat (1) huruf (a), di mana sebagai anggota PSSI, Persebaya berhak mendapatkan informasi rapat PSSI sebelumnya, serta hadir dan melaksanakan hak pilihnya dalam Kongres PSSI.

Aksi damai tersebut dimulai dari depan depan Gedung Negara Grahadi dan dilanjutkan dengan konvoy kendaraan bermotor menuju Kantor Asprov PSSI Jatim yang terletak di Jalan Kali Kepiting 125, Kota Surabaya. Konvoy dengan membawa panji-panji Persebaya dan Bonek yang diiringi lagu-lagu Bonek itu diikuti berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak sekolah hingga beberapa orang lanjut usia.

Setibanya di Kantor Asprov PSSI Jatim, proses penyampaian berkas dari Bonek kepada Asprov PSSI Jatim sempat menimbulkan kekecewaan di mata perwakilan Bonek karena ketiadaan pengurus Asprov PSSI Jatim. Penerimaan berkas akhirnya diwakilkan oleh pihak Polsekta Tambaksari, yang nantinya akan disampaikan kepada Asprov PSSI Jatim.

“Kita dari awal sudah menduga kalau kemungkinan akan tidak ada orang di Kantor Asprov,” ujar Andy ‘Peci’.

Konflik keanggotaan Persebaya dalam PSSI ini sendiri mulai terjadi ketika PT. MMIB mengakusisi secara sepihak lisensi klub profesional Persebaya. Namun berdasarkan putusan pengadilan niaga Surabaya tanggal 30 Juni 2016 lalu, PT. Persebaya Indonesia resmi memenangkan gugatan dan lisensi Persebaya kembali kepada PT. Persebaya Indonesia, sementara Persebaya di bawah naungan PT. MMIB berubah nama menjadi Bhayangkara FC.

“Bagaimanapun hasilnya, nanti pasti kita akan berangkat ke Jakarta saat Kongres PSSI 10 November 2016 di Hotel Mercure Ancol,” lengakp Andy ‘Peci’.

Sebagai kota tempat berdirinya tim sepak bola profesional pertama di tanah air, Victoria, Bonek merasa Persebaya Surabaya sudah selayaknya diterima baik menjadi voter dalam Kongres PSSI. Bonek berencana akan mengawal jalannya Kongres PSSI pada 10 November mendatang dengan mengerahkan massa ke Jakarta via jalur darat. (MI)

TINGGALKAN BALASAN