5 Tips Hidup Hemat yang Bermanfaat Bagi Anda

Foto: Blog MR

Jakarta, Semarak.news – Kebutuhan hidup semakin kompleks? Sedangkan penghasilan pas-pasan? Memang semakin maju peradaban, akan menyebabkan harga-harga barang semakin naik. Semakin banyaknya penduduk juga menyebabkan kelangkaan, yang akhirnya menyebabkan harga barang kebutuhan semakin tinggi.

Adanya kenaikan harga tersebut, kita harus pandai-pandai mengatur keuangan kita. Agar tidak terjadi pengeluaran yang sia-sia. Bersikap hemat merupakan satu-satunya cara terbaik dalam mengatur keuangan. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan dalam hitungan bulanan:

  1. Hindari pembayaran menggunakan kartu.

Kemajuan peradaban memudahkan manusia dalam bertransaksi. Terkadang kemudahan itu menyebabkan manusia terlena dan tergoda untuk belanja lebih banyak, misalnya kita tidak sadar bahwa telah menghabiskan banyak uang dari kartu kita. Karena berkurangnya nilai saldo tidak akan terasa. Untuk menghindari dan mencegah hal tersebut, menggunakan uang tunai adalah solusinya.

  1. Hemat listrik

Salah satu pengeluaran terbesar bulanan adalah pembayaran listrik. Banyaknya barang-barang elektronik menyebabkan biaya tagihan listrik semakin banyak. Pengeluaran bulanan semakin besar. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan barang elektronik berdaya besar seperti AC, TV atau kulkas bisa menghemat pengeluaran. Selain itu mengurangi penggunaan AC juga bisa meminimalisir produksi gas freon yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon.

  1. Jual barang bekas

Jika mempunyai barang bekas, daripada barang tersebut nganggur tidak digunakan, lebih baik barang tersebut dijual. Dengan begitu, selain mendapat uang, mungkin ruangan di rumah kita menjadi lebih rapi. Serta barang tersebut dapat berguna lagi bagi orang lain.

  1. Manfaatkan diskon

Pada waktu-waktu tertentu, pusat perbelanjaan mengadakan diskon bagi para pelanggannya. Kita bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja, agar uang kita lebih hemat. Untuk itu, kita harus menandai kapan saja terjadinya diskon.

  1. Kurangi makan di luar

Sebisa mungkin hindari makan di luar karena hal ini cukup menguras dompet. Uang yang digunakan sekali makan di luar bisa jadi setara dengan tiga kali makan dengan memasak sendiri. Selain itu, kita tidak bisa menjamin kebersihan dan kehigienisan makanan yang dijual di luar.

Tips-tips yang telah disebutkan di atas merupakan cara-cara sederhana untuk menghemat pengeluaran. Anda masih belum percaya? Silakan Anda mencobanya.

TINGGALKAN BALASAN