Perjanjian Patroli Australia-Indonesia di Laut Cina Selatan

Jakarta, Semarak.news – Australia kini mulai mempertimbangan untuk berpatroli di Laut Cina Selatan. Yang mana menjadi sengketa antara Australia dan Tiongkok. Diperkirakan hal ini akan membuat Tiongkok meradang.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Julie Bishop, Selasa (1/11/2016) pada warta berita Prancis, Agence France-Presse.

Hal ini diusulkan oleh Pihak Indonesia pada saat pertemuan antara Indonesia dan Australia pekan lalu. Pihak Australia diwakili oleh Menlu Julie Bishop dan Menteri Pertahanan (Menhan) Marise Payne, sementara Pihak Indonesia diwakili oleh Menhan Ryamizard Ryacudu.

Bishop kepada ABC, mengatakan bahwa Australia dan Indonesia telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama maritim dengan Indonesia. Termasuk kegiatan pengamanan di Laut Cina Selatan dan Laut Sulu. Bishop juga mengatakan bahwa mereka bebas untuk menggunakan hak mereka dalam kebebasan navigasi selama itu sesuai dengan hukum internasional. Sementara itu, Ryamizard kepada harian Sydney Morning Herald telah mengatakan bahwa ia telah mengusulkan “Patroli Perdamaiam” dengan Australia di Laut Cina Selatan.

“Hal ini kami lakukan untuk melindungi ikan di wilayah masing-masing. Tidak ada niat untuk mengganggu hubungan (dengan Tiongkok). Tujuan kami hanya ingin menciptakan perdamaian.”

Tiongkok diberitakan telah mengklaim kedaulatan atas hampir semua wilayah Laut Cina Selatan yang kaya Sumber Daya. Klaim itu berseberangan dengan negara tetangganya, Filipina. Akibat klaim ini, Filipina telah membawa hal ini ke Mahkamah Arbitrase Internasional (PCA), di Den Haag, Belanda.

PCA sudah memutuskan bahwa klaim Laut Cina Selatan oleh Tiongkok tidak mempunyai dasar hukum, tapi hal itu diabaikan oleh Tiongkok.

Memang, Australia tidak mempunyai klaim tentang Laut Cina Selatan. Tetapi, Australia membuat statement bahwa semua kapal asing memiliki hak untuk melewati Laut Cina Selatan sebagai jalur perairan internasional. Langkah itu didukung oleh sekutu mereka, Amerika Serikat untuk meneruskan langkah ini.

TINGGALKAN BALASAN