Uni Eropa dan Kanada Sepakati Perdagangan Bebas

Brussel, Semarak.news – Mulai hari ini Uni Eropa dan Kanada bebas melakukan perdagangan. Setelah Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Jucker dan Perdana Menteri Slovakia yang memegang Presidensi Dewan Uni Eropa Robert Fico, menandatangani kesepakatan tersebut yang sebelumnya pernah tertunda dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Penandatanganan perdagangan bebas tersebut dilaksanajan di Brussels, Minggu, waktu setempat. Acara yang sebelumnya di rencanakan dihelat pada Kamis, dibatalkan. Uni Eropa, blok dengan 500 juta orang, hanya dapat menandatangani kesepakatan dengan persetujuan dari semua negara anggota.

Kesepakatan CETA akan menghapus lebih dari 99 persen tarif yang saat ini dikenakan pada perdagangan antara Uni Eropa dan Kanada. Kesepakatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perdagangan bilateral sebesar 12 miliar euro atau sekitar 13,2 miliar dolar AS per tahun.

Sebelumnya Kanada berusaha untuk menyelamatkan perdagangan bebas dengan Uni Eropa yang dapat meningkatkan skala perekonomian termasuk memperkuat laju perdagangan internasional.

Sebanyak 28 Pemerintah di Uni Eropa mendukung Perjanjian Ekonomi dan Perdagangan Komprehensif atau Comprehensive Economic and Trade Agreement (CETA), tetapi Belgia tidak bisa memberikan persetujuan tanpa dukungan dari lima wilayah sub-federal. Pemerintah Prancis Wallonia terbilang gigih menentang itu.

TINGGALKAN BALASAN