Pendataan E-KTP di Pontianak Sudah Mencapai 90 Persen

Kantor Disdukcapil Pontianak [Foto: Fajar Ikhsan/Semarak.News]

Pontianak, Semarak.News- Proses perekaman dan pendataan e-KTP di Kota Pontianak masih mengalami berbagai kendala. Meskipun proses perekaman e-KTP di Pontianak sudah mencapai 90 persen.

“Dari 466.000 orang yang wajib membuat e-KTP, Disdukcapil sudah melakukan pendataan sebanyak 434.000 orang. Secara keseluruhan tinggal 10 persen lagi yang belum”. ujar Drs. H. Suparma, M.Si (31/10/2016).

Masih banyak kendala yang menghambat proses pemcetakan e-KTP, diantaranya ketersediaan blangko e-KTP dari Ditjen Dukcapil Kemendagri yang telah habis, keterbatasan peralatan seperti tinta dan film printer, dan kondisi peralatan yang sudah berumur sangat tua.

Selain itu, masih banyak masyarakat yang mempunyai duplicate record atau status perekaman ganda. Hal tersebut dapat terjadi karena seseorang pernah membuat KTP di dua daerah yang berbeda, seseorang terdeteksi memiliki data yang identik seperti sidik jari dan iris mata terhadap lebih dari satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang direkam ke dalam aplikasi e-KTP, dan banyak juga masyarakat yang tidak sabar ingin memiliki e-KTP sehingga menuntut Disdukcapil untuk mencetak e-KTP, padahal seharusnya masyarakat hanya perlu menunggu dibagikan di Kantor Kecamatan.

“Rencananya Disdukcapil akan mendapatkan blangko e-KTP lagi dari pusat pada bulan November. Kami menargetkan proses perekaman dan pendataan e-KTP akan selesai di bulan Desember”, ungkapnya. (FIN)

TINGGALKAN BALASAN