Misi 115 Selesai, Astronot Kembali dengan Selamat

Foto: orbitdigital.com

Zhezkazgan, Semarak.news – Pada hari Minggu (30/10) Tiga astronaut dari berbagai kebangsaan mendarat di Bumi dengan selamat di Zhezkazgan, Kazakhstan setelah lebih dari 100 hari bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (Internasional Space Station/ISS).

Trio astronaut ini telah sukses menjalankan misi mereka selama 115 hari tepatnya di ISS, Mereka adalah Kate Rubins dari NASA, Anatoly Ivanishin dari Roscosmos Rusia, dan Takuya Onishi dari JAXA, Jepang.

Seperti biasa mereka dibawa kembali ke Bumi menggunakan pesawat kapsul Soyuz buatan Rusia. “Pendaratan telah dilaksanakan!” ujar pengendali misi Rusia pada Minggu pagi (30/10).

Ini adalah misi perdana bagi Rubins dan Onishi yang notabene adalah ahli biologi, sementara komandan Ivanishin sebelumnya pernah menjalankan misi lima bulan di ISS pada lima tahun silam.

Rubins adalah orang pertama yang mengurutkan DNA di luar angkasa. Ia berhasil mengurut sampel DNA tikus,virus, dan bakteri menggunakan perangkat MiniON. Rubins juga menjadi astronaut perempuan yang kembali mendiami ISS setelah Samantha Christoforetti dari Italia menghabiskan 199 hari pada tahun 2015.

“Semua orang merasa bahagia,” kata Ivanishin, saat keluar dari kapsul Soyuz.

TINGGALKAN BALASAN