Indo Defence 2016 Digelar Kembali!

Pamflet Indo Defence 2016 (Sumber : brahman.com)

Jakarta, Semarak.news – Indo Defence 2016 Expo & Forum kembali digelar oleh Kementerian. Pameran produk dari industry pertahanan dalam negeri berskala internasional akan diselenggarakan pada 2 hingga 5 November mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran yang rencananya akan dibuka oleh Persiden Jokowi tersebut merupakan eksibisi pameran industri pertahanan berskala internasional yang digelar dua tahun sekali dan sudah digelar sebanyak tujuh kali sejak tahun 2004.

Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Jan Pieter Ate mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya ajang promosi bagi produsen peralatan pertahanan. Melalui kegiatan itu, pemerintah ingin melepas ketergantungan pengadaan alutsista dari produsen asing.

“Kami berharap ketergantungan Indonesia pada teknologi dari luar negeri sedikit demi sedikit bisa ditanggulangi sehingga Indonesia dapat mencapai kemandirian,” kata Jan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, (26/10) – dilansir dari www.cnnindonesia.com.

Dalam kegiatan tersebut Kemhan memacu industry pertahanan dalam negeri untuk menjalin interaksi dan kerja sama dengan pelaku pertahanan luar negeri. Pertukaran informasi diharapkan bisa terjalin antara kedua belah pihak.  Mekanisme dan syarat offset akan dijelaskan oleh komite kebijakan industry ketahanan pada acara tersebut.

Acara yang bertemakan Bolstering Defence Industri Coorperation: Achieving a Global Maritime Fulcrum and Secure World ini diikuti oleh 844 perusahaan dari 45 negara. 28 delegasi resmi dari negara sahabat dan menteri pertahanan dari Ceko, Yunani, Singapura, Pakistan, Filiphina, dan Timor Leste akan hadir dalam acara tersebut.

Berbagai perusahaan asing yang tergabung dalam event tersebut di antaranya Space & Security, Brahmos Aerospace, Airbus, Beretta Defence Technologies, China Aerospace, Boeing Defence, Daewoo Ship Building & Marinne Engineering, Rosoboronexport, Rheinmetall, dan SAAB.

Berbagai industri dalam negeri juga tak mau ketinggalan dalam memamerkan produknya antara lain PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Krakatau Steel, PT Len Industri, PT PAL Indonesia, PT Industri Kapal Indonesia, dan PT Tesco Indomaritim.

Sementara produk yang akan dipamerkan antara lain mobil unit Rehabmedik Keliling dari Kemhan, UAV Puna dan Sriti milik Kementerian Ristekdikti, helikopter Dauphin dan Personel Rescue Carrier milik Basarnas, serta kendaraan taktis Anoa dan Komodo dari PT Pindad. Tak lupa PT Pindad akan bekerja sama dengan PT Lundin Indistry Invest dan CMI (Cockerill Maintenance Ingenierie) dari Belgia akan meluncurkan Tank Boat. [MH]

TINGGALKAN BALASAN