Soni Sumarsono Resmi Menjadi Plt Gubernur DKI

Foto Soni Sumarsono. (Sumber: tirto.id

Jakarta, Semarak.news – Pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta sudah didepan mata. Para pelaksana tugas kepala daerah diingatkan untuk melanjutkan program kerja kepala daerah selama masa cuti kampanye Pilkada. Hal tersebut juga ditujukan kepada Soni Sumarsono yang sudah resmi dilantik menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta, di Kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Rabu (26/10/2016).

Menteri Dalam Negeri Indonesia, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa terpilihnya Soni didasarkan pertimbangan rekam jejak pengalaman.  “(Soni) Eselon I, pangkat tertinggi 4E sudah punya pengalaman di bawah. Intinya semua adalah eselon I. Kemudian track record baik selama ini,”  ujarnya – dialnsir dari news.detik.com (26/10). Selain itu Tjahjo juga menyarankan kepada Soni untuk tidak mengganggu program yang sudah dibuat oleh Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan menjalankan tugasnya dengan baik dengan tidak lupa untuk berkonsultasi dengan DPR.

Tjahjo menambahkan bahwa dirinya dan Menpan (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara) sudah kompak, jika terdapat PNS (termasuk Plt) yang salah gunakan jabatan atau mendukung petahana dan gunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi  akan tetap diberi sanksi tegas berupa pemecatan.

Soni akan mulai melaksanakan tugasnya pada Jumat (28/10) mendatang. Ia mengatakan bahwa dirinya memiliki gaya kepemimpinan sendiri, berbeda dengan Ahok yang dikenal ceplas-ceplos dan spontan. Namun, dirnya mengatakan hanya akan tetap meniru sebagian gaya kepemimpinan Ahok selama memimpin DKI Jakarta yang dinilainya baik. Bagi Soni, hal penting untuk memimpin ibukota yakni transparansi dan menciptakan pemerintahan yang bersih.

“Setiap orang punya gaya yang berbeda-beda. Saya kira setiap orang berbeda. Saya enggak tahulah bagaimana kalian menilai nanti. Kita lihat sajalah soal gaya kepemimpinan. Yang jelas saya orangnya terbuka, selama disorot mungkin paling dekat sama media dan saya cinta transparansi, dan ingin pemerintahan ini bersih,” kata Soni di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kemarin – dialnsir dari news.detik.com (26/10).

“Semua kebiasaan yang positif saya tiru, saya ini orangnya interaktif. Dulu waktu saja menjabat, jangankan jam 08.00 WIB, jam 06.00 WIB saya sudah turun ke bawah, saya akan lakukan. Kalau perlu itu ditambah 07.30 WIB kita mulai kalau memang itu dibutuhkan. Jadi itu memang gaya interaksi saya berkomunikasi dengan rakyat,” tandasnya dialnsir dari news.detik.com (26/10). [MH]

TINGGALKAN BALASAN