6 Hal yang Membuat Program Membaca Kamu Berhasil

Ilustrasi [foto: goodereader.com]

Semarak.news – Apakah kamu hobi membaca buku? Sudahkah kamu membaca buku hari ini? Jika sudah, maka kamu adalah salah satu orang yang beruntung. Ya, membaca buku merupakan kegiatan sarat manfaat dan penting bagi kehidupan kita. Istilah buku adalah jendela dunia itu benar. Buku mampu membawa kita mengenal pengetahuan baru yang belum kita tahu sebelumnya.

“Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena dengan buku aku bebas.” – Mohammad Hatta

Sepenggal quote di atas mungkin cukup memberi gambaran bagi kita bahwa orang besar dan sukses lahir karena kecintaan mereka terhadap buku. Karena membaca buku memang tidak mengenal batasan usia maupun pekerjaan. Kegiatan membaca buku dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Jika kamu rasa minat dalam membaca buku masih kurang, cobalah lakukan program membaca dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Akses terhadap buku

Hal pertama yang penting kita perhatikan adalah kita perlu membuka diri terhadap akses buku atau bacaan, baik melalui perpustakaan, koran, majalah, atau komik. Jika akses itu jauh, tentu akan sulit. Koleksi buku kamu kurang lengkap? Cobalah berkunjung ke perpustakaan terdekat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari informasi yang kamu butuhkan melalui buku atau bacaan.

2. Daya tarik buku

Tidak peduli apapun jenis buku yang kamu baca. Kamu bebas menentukan buku apa saja yang akan kamu baca. Banyak buku yang menarik terdiri atas tema, topik, dan genre bacaan yang kamu bisa pilih dan sukai, yang terpenting dapat memberi hiburan dan menjadi sarana refreshing bagi kamu. Sehingga kemampuan otak akan tetap terjaga dan meningkat.

3. Lingkungan yang kondusif

Dalam membaca kamu suka lingkungan seperti apa? Apa kamu suka menyendiri? Atau membaca bersama teman agar dapat saling bertukar pikiran? Kegiatan membaca dalam hati memerlukan lingkungan yang menyenangkan, santai, tidak kaku, dan tenang. Lingkungan yang kondusif akan mempercepat otak merekam segala informasi.

4. Dorongan untuk membaca

Kamu akan lebih bersemangat membaca jika kamu mempunyai motivasi untuk membaca. Semakin besar motivasi itu tentu kamu semakin bersemangat dalam membaca. Akan baik jika kamu memasang target membaca, dengan maksud supaya kamu termotivasi untuk mencapai target itu. Hal itu dapat kamu lakukan dengan kata-kata motivasi yang kamu tulis sendiri, agar setiap waktu kamu teringat dan bersemangat untuk membaca buku.

5. Waktu tertentu untuk membaca

Apa dengan membaca hari-harimu terganggu? Jika iya, maka perlu ada waktu yang tepat yang perlu kamu sisihkan untuk membaca. Kegiatan membaca dalam waktu singkat, namun sering dan berkala lebih efektif daripada satu waktu yang panjang namun jarang. Jadi, atur lagi waktumu jika kamu merasa tidak ada waktu untuk membaca. Sempatkan membaca agar kamu mendapat pengetahuan dan wawasan baru.

6. Tidak ada tagihan tugas

Kamu tidak perlu menunggu adanya tugas dari guru atau dosen untuk membaca buku. Hal itu perlu kamu lakukan agar otak tidak kaget. Jika kita terbiasa membaca buku, maka akan banyak inspirasi yang muncul. Bahkan pemikiran-pemikiran out of the box dapat keluar sendirinya dari dalam diri tanpa kita sadari.

 

Sumber: Jendela

TINGGALKAN BALASAN