Dokumen TPF Entah Kemana, Kasus Munir Belum Ada Upaya Hukum Lanjutan

Jakarta, Semarak.news – Dua pekan berlalu setelah pemutusan tentang dokumen penyelidikan Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir Said oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) yang merupakan dokumen publik, belum ada kepastian hukum lanjutannya.

Istri Munir, Suciwati mengatakan bahwa Jokowi tinggal menanyakan kepada mantan Presiden SBY tentang dokumen penyelidikan suaminya.

“Tinggal Jokowi telepon SBY, ditaruh di mana dokumen itu,” kata Suciwati

Menurut Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, apabila setelah dua pekan dan keputusan telah diterima tetapi belum ada upaya hukum lanjutan, maka keputusan KIP berkekuatan hukum tetap.

Presiden Joko Widodo memberi mandat kepada Jaksa Agung untuk menulusuri keberadaan dokumen penyeilidikan tersebut, namun belum ada hasil.

Dalam twitternya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkicau bahwa perbincangan soal keberadaan dokumen tersebut sudah bernuansa politik.

“Dalam dua minggu ini, sebagai mantan Presiden, saya terus bekerja bersama para mantan pejabat KIB (Kabinet Indonesia Bersatu), untuk siapkan penjelasan. Kami buka kembali semua dokumen, catatan dan ingatan kami, apa yang dilakukan pemerintah dalam penegakan hukum kasus Munir,” tulis SBY dalam kicauannya kemarin.

Mantan Presiden SBY mengatakan akan memberikan pernyataan sesuai dengan fakta, logika dan kebenaran terkait dokumen kasus Munir tersebut. (SYN)

 

TINGGALKAN BALASAN