Jakarta Marathon 2016

Antusian Peserta Jakarta Marathon 2016 (Sumber : running vibe)

Jakarta, Semarak.News- Hari ini Minggu, 23 Oktober 2016 telah berlangsung Jakarta Marathon 2016, perlombaan ini dimulai pada pukul 5 WIB dan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB di Jakrta.

Sama seperti tahun lalu, Jakarta Marathon masih melombakan 5 kategori, yaitu kategori Marathon 42.195 kilometer, Half Marathon 21 kilometer, 10K, 5K, dan Marathon (khusus anak-anak). Jumlah peserta dari semua kategori mencapai sekitar 16.000 orang.

Dari 16.000 peserta Jakarta Marathon 2016, 1.300 peserta di antaranya berasal dari 53 negara. Rute Jakarta Marathon 2016 dimulai dari Monumen Nasional menuju kawasan Kota Tua Jakarta.

Kemudian melintasi Lapangan Banteng menuju Jalan Medan Merdeka Barat dan mengarah ke kawasan Kuningan lalu menuju Semanggi dan akan kembali ke Kuningan untuk menyelesaikan lomba di Monumen Nasional.

Awalnya di dalam agenda resmi dari Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta, Ahok dijadwalkan membuka kegiatan tersebut. karena perlombaan ini merupakan kegiatan kedinasan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun didisposisi kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Rencananya, sekitar pukul 05.00 WIB, Djarot akan membuka dan melepas pelari Jakarta Marathon 2016 di Silang Monas Barat Daya.

Sebelumnya, dikutip dari kompas.com, promotor dan panitia penyelenggara Jakarta Marathon 2016, Ndang Mawardi, mengatakan tiga bakal calon gubernur DKI Jakarta mengonfirmasi akan mengikuti lomba lari maraton tersebut.

“Kami mendapatkan konfirmasi dari tiga bakal calon itu. Kami akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum daerah untuk meminta arahan terkait penyelenggaraan kegiatan kami,” kata Ndang.

Ndang juga menyampaikan Panitia penyelenggara Jakarta Marathon ke-4, akan mengantisipasi kesalahan dalam kaitannya dengan kegiatan-kegiatan kampanye politik calon gubernur DKI Jakarta dengan koordinasi KPU DKI Jakarta.

Selama pelaksanaan perlombaan ini beberapan jalan ditutup dan dialihkan, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan rencana rekayasa lalu lintas saat digelarnya kegiatan tersebut.

“Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di kawasan Monas, Beos, Semanggi, Rasuna Said, dan Kuningan. Selain itu, akan dilakukan buku tutup di beberapa gerbang tol dalam kota,” ujar Budiyanto melalui keterangan tertulisnya, Sabtu,22 Oktober 2016.(JAZ)

 

TINGGALKAN BALASAN