Listrik Belum Merata, Ini Kendalanya

Kupang, Semarak.News – Menjelang Hari Ulang Tahun PLN yang ke-71 tepatnya pada 27 Oktober mendatang, PLN masih mempunyai tugas dalam hal pemerataan pelayanan listrik bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Namun dalam upaya pemenuhan tersebut, ada kendala di dalamnya yang menyebabkan belum semua rumah teraliri listrik.

Jerry Letik, Supervisor Administrasi dan Pelayanan Pelanggan saat ditemui di Kantor PLN Area Kupang, mengatakan bahwa pelayanan listrik PLN di area Kupang sudah merata.

“Untuk listrik di Kupang ini sudah merata sampai ke daerah-daerah di Kecamatan, tingkat elektrifikasipun sudah mencapai 97%” ungkapnya. (20/10)

Meskipun demikian, masih ada beberapa rumah yang belum teraliri listrik. Hal tersebut disebabkan karena faktor ekonomi.

“Masyarakat yang belum teraliri listrik itu karena mereka tidak mampu untuk membiayai pemasangan listrik dengan daya 1300 VA.”

Jerry juga menyampaikan bahwa upaya pihak PLN disamping memberikan subsidi listrik 450 VA dan 900VA bagi keluarga kurang mampu yang telah terdaftar oleh Kementerian Sosial, tetapi juga memberikan kelonggaran berupa pemasangan daya 1300 VA dengan biaya setara 900VA bagi keluarga yang benar-benar tidak mampu sesuai pertimbangan pihak PLN.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik tanpa harus terkendala biaya. (HDS)

TINGGALKAN BALASAN