PSMTI Selenggarakan Rakernas Ke-XV di Batam

Foto Bersama Usai Acara Pembukaan Rakernas PSMTI Ke-XV [foto: Ronny/Semarak.News]

Batam, Semarak.News – Pagayuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia selenggarakan Rapat Kerja Nasional ke- XV di Grand Galaxy Ballroom, Planet Holiday Hotel, Batam dengan tema “Menggalang Kebersamaan Pusat dan Daerah Menuju PSMTI Jaya” kemarin malam. Kegiatan dimulai pada pukul 19.00 yang diikuti oleh sekitar 600 orang dari perwakilan PSMTI di 26 provinsi di Indonesia dan utusan keturunan Tionghoa dari luar negeri. Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, dan perwakilan dari DPR RI.

Rakernas dibuka oleh sambutan dan laporan Ketua Panitia Rakernas, Gunadi Sinduwinata. “Saat ini di Indonesia ada sekitar 90 marga, dan PSMTI berhasil mengundang 60 marga. Selain dari dalam negeri, kita juga kehadiran dari utusan warga keturunan Tionghoa dari luar negeri diantaranya Amerika dan Tiongkok”, sambut Gunadi dalam membuka Rakernas.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PSMTI. Ketua Umum PSMTI, David Herman Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa PSMTI adalah mediator permasalahan anggotanya. “PSMTI harus bisa menjadi mediator disetiap permasalahan anggotanya dan memberikan perlindungan hak-hak yang didapat oleh seluruh warga keturunan Tionghoa di Indonesia”, ujarnya.

Rakernas resmi dibuka setelah Gubernur Kepri dan tamu undangan lainnya menabuh alat musik Tambur yang biasa dimainkan dalam pertunjukan Barongsai. Orang nomor 1 di Kepri ini bangga akan diselenggarakannnya Rakernas PSMTI di Kepri khususnya Batam. “Saya bangga Kepri menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Rakernas ke-XV PSMTI”, ujarnya.

Gubernur menyatakan bahwa dirinya juga adalah keturunan Tionghoa bermarga TAN. “Jelek-jelek begini saya juga keturunan Tionghoa, marga saya TAN”, ujar Nurdin dalam sambutannya. Acara ditutup dengan hiburan hingga pada pukul 23.00 WIB. (RDN)

TINGGALKAN BALASAN