Menjelajahi Gunung Tujuh, Danau Tertinggi se-Asia Tenggara

Danau Gunung Tujuh, Jambi. [foto: osisober]

Jambi, Semarak.news – Siapa yang tak kenal Danau Gunung Tujuh. Danau kaldera paling tinggi di Asia Tenggara ini menjadi satu bukti bahwa keindahan alam Sumatera sangat menakjubkan dan menarik untuk dieksplorasi.

Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau di ketinggian 1.950 mdpl ini menjadi primadona di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) disamping gunung api tertinggi di Indonesia, Kerinci (3.805 mdpl).

Konon danau ini terbentuk akibat letusan gunung api ratusan tahun silam. Bernama Danau Gunung Tujuh karena memang letaknya di Gunung Tujuh. Selain itu karena memang terdapat tujuh gunung yang mengelilingi danau seluas kurang lebih 960 hektar ini.

Biasanya para wisatawan datang setelah selesai mendaki Gunung Kerinci. Karena pos pendakian Gunung Kerinci jaraknya memang cukup dekat dengan pos pendakian Gunung Tujuh. Para pendaki Kerinci sudah mulai tergoda ketika di jalur menuju puncak Kerinci keindahan Danau Gunung Tujuh tampak sangat jelas dari kejauhan. Maka akan sayang rasanya jika dilewatkan begitu saja.

Tampak Danau Gunung Tujuh dari jalur pendakian Gunung Kerinci. [foto: osisober]
Tampak Danau Gunung Tujuh dari jalur pendakian Gunung Kerinci. [foto: osisober]

Pendakian Danau Gunung Tujuh rata-rata ditempuh dengan waktu sekitar tiga jam dengan jalanan menanjak yang melelahkan. Namun dengan adanya akar-akar pohon yang kuat cukup memudahkan kaki Anda dalam berpijak. Setelah sampai di puncak Gunung Tujuh jalanan berupa turunan akan mengantarkan Anda ke danau yang airnya tak pernah surut ini.

Sesampainya di danau Anda dapat bebas bersuka ria. Berfoto, berenang, atau berkeliling dengan menaiki perahu kecil yang disewakan. Ingat, karena letaknya yang sangat tinggi air Danau Gunung Tujuh sangat dingin, pun dengan hawa udara di sana.

Di sekitaran danau juga tersedia lahan yang cukup untuk Anda mendirikan tenda dan berkemah. Jika Anda memutuskan bermalam, maka jangan lewatkan keindahan sunrise yang dapat Anda nikmati dengan ditemani secangkir kopi di tepi danau. Asyik bukan?

Jika Anda berkesempatan untuk pelesir ke Jambi, Danau Gunung Tujuh menjadi rekomendasi yang tidak akan membuat Anda kecewa.

TINGGALKAN BALASAN