Ayo ke Banten, Festival Baduy Akan Digelar Akhir Bulan Ini

Festival Baduy 2016 [foto: kemenpar.dream.co.id]

Banten, Semarak.news – Pemerintah Provinsi Banten terus melakukan pengembangan potensi wisata demi menyukseskan Program “10 Bali Baru” yang dicanangkan Kementerian Pariwisata. Termasuk salah satunya Festival Baduy yang akan digelar untuk kali pertama.

Festival Baduy akan dihelat pada tanggal 28-30 Oktober 2016 di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Hal tersebut merupakan sebagai pendorong dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, yang menjadi salah satu ikon pariwisata Banten.

”Ini untuk pertama kalinya kami mengadakan Festival Baduy 2016, kami memancing wisatawan untuk datang ke Banten khususnya Lebak juga sekalian bisa menengok Tanjung Lesung yang indah yang kami miliki, semoga ini debut yang baik untuk Festival Baduy,” ujar Panitia Pelaksana Festival Baduy 2016, Arman Bin Kaipin seperti dikutip bantenterkini.com.

Menurutnya, budaya Baduy menjadi salah satu kekuatan yang sangat menarik wisatawan untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

Berbagai acara menarik akan meramaikan Festival Baduy 2016. Mulai dari pagelaran seni dan budaya, pameran produk buatan masyarakat Baduy, pemecahan rekor menenun, pembangunan Gerbang Baduy, hingga sosialisasi digital marketing di Baduy.

Sebagai informasi, Suku Baduy atau juga disebut Urang Kanekes tinggal di pedalaman Banten. Mereka hidup secara sederhana dengan menyatu dengan alam dan terisolir dari pengaruh dunia luar.

Masyarakat adat Kanekes terdiri dari dua kelompok, yaitu Tangtu dan Panamping. Kelompok Tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam.

Hingga saat ini, kelompok Tangtu yang tinggal di tiga desa yaitu Cikertawana, Cikeusik dan Cibeo masih memegang teguh adat tradisional secara kuat. Mereka tidak menggunakan alat elektronik, kendaraan dan menjahit pakaiannya sendiri.

Kampung Suku Baduy selain wisata alam juga merupakan wisata budaya. Disana Anda akan menikmati keindahan alam sekaligus mengenal lebih dalam kehidupan serta budaya masyarakat Suku Baduy.

TINGGALKAN BALASAN