Motegi Mimpi Buruk Rossi

Valentino Rossi kesulitan di Motegi

Jakarta, semarak.news – Seri motogp berikutnya akan diselenggarakan di sirkuit Motegi Jepang. Ada yang unik dari sirkuit ini. Pebalap asal Italia Valentino Rossi adalah peraih juara dunia motogp terbanyak, Sejak tahun 2000, sudah 88 kali Rossi memenangkan lomba, namun hanya mampu satu kali menang di sirkuit Motegi.

Musim lalu ditempat yang sama, Rossi harus puas menempati podium dua dan harus rela melihat Dani Pedrosa untuk ketiga kalinya juara di Motegi. Rossi sebenarnya sudah pernah tiga kali juara di GP Jepang, yaitu di kelas 500cc pada tahun 2001, 2002, 2003, dan 2008 namun semua itu didapatnya di sirkuit Suzuka.

Sirkuit motegi memiliki empat trek lurus yang kemudian diakhiri tikungan tajam. Ketika berakselerasi, motor pebalap dipaksa untuk melaju dengan kecepatan 230 km/jam. Bahkan saat trek tertentu dapat menambah kecepatan hingga 260 km/jam. Kemudian saat di ujung trek, para pebalap dipaksa mengerem kendaraannya menjadi 90 km/jam. Hal itu lah yang menjadi kelemahan para pebalap, tidak terkecuali Rossi.

Motegi sudah 18 kali menjadi tuan tumah, dari keseluruhan Honda menjadi tim yang paling sering menjuarai sebanyak 6 kali, sementara Ducati dan Yamaha masing-masing 4 kali. (MI)

TINGGALKAN BALASAN