Tuntut Kenaikan UMP Buruh Rencanakan Mogok Masal

sumber : [VIVA.co.id]

Jakarta, Semarak.News- Menjelang akhir tahun 2016, dan menjelang batas akhir pengumpulan UMP, buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta (GBJ) masih belum menyerah menuntut Pemprov menetapkan UMP 2017 sebesar 3,8 juta rupiah.

Para buruh ini mengancam akan melakukan mogok kerja , yang disertai dengan pemblokiran bandara dan pelabuhan, “Kalau mereka tidak mendengar aspirasi kami, kami akan melakukan gerakan masif. Kami akan imbau kepada buruh untuk melakukan mogok massal,” ujar Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat kepada Liputan6.com di Jakarta, pada Rabu, 12 Oktober 2016.

Pada dasarnya buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta ini menentang penetapan UMP menggunakan PP 78 Tahun 2015, PP 78 dinilai tidak mengakomodir perundingan antara pemerintah, pengusaha, dan asosiasi pekerja dalam penentuan UMP secara nasional, ujar Mirah.

Mirah juga mengatakan, penetapan UMP di Provinsi Jakarta akan menjadi barometer penetapan UMP di provinsi lainya di Indonesia.[JAZ]

 

TINGGALKAN BALASAN