Sosok Pengganti Irman Gusman

Farouk Muhamad [sumber: rmol]

Jakarta, Semarak.news – Irman Gusman resmi dicopot jabatannya sebagai Ketua DPD RI sejak Rabu (5/10) lalu, saat rapat paripurna DPD RI yang dipimpim oleh Farouk. Dengan demikian posisi tersebut akan kosong hingga ditetapkan penggantinya. Sosok baru Ketua DPD akan mengemban tugas berat yakni mengembalikan citra DPD RI.

“Kalau sebelumnya diputuskan di tingkat Badan Kehormatan, maka melalui rapat paripurna luar biasa pekan lalu diputuskan di tingkat DPD,” tutur Farouk dilansir okezone.

Berdasarkan penuturan Farouk karena Irman Gusman berasal dari Indonesia Barat maka penggantinya juga harus dari Indonesia Barat. Saat ini, terdapat 39 nama anggota DPD RI yang berasal dari Indonesia Barat. Tentunya memiliki hak dan kewajiban sama yakni memilih dan dipilih.

Saat ini sudah ada dua nama yakni Farouk Muhamad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Kemudian ditambah satu lagi pilihan pengganti Irman Gusman. Setelah itu dilakukan pemilihan untuk menentukan Ketua DPD RI

“Dari tiga nama pimpinan DPD RI, kemudian dilakukan pemilihan tahap kedua yakni pemilihan ketua DPD RI,” Farouk menambahkan.[RP]

TINGGALKAN BALASAN