Tingkat Kerawanan Pilkada, Kalteng Rangking Berapa ?

[Sumber: okezone]

Palangka Raya, Semarak.News – Pilkada serentak 2017 mendatang semakin memanas. Setiap pasangan calon (paslon) dari berbagai Kabupaten maupun Kota saling berusaha menunjukkan kualitasnya untuk mencuri hati masyarakat di daerahnya. Kisruh, polemik maupun gugatan dari bakal paslon terhadap panitia penyelenggara Pilkada Serentak 2017 juga seringkali terjadi. Alasannya seperti, tidak lolosnya verifikasi bakal paslon yang diusung oleh pendukungnya, kurangnya profesionalitas panitia penyelenggara Pilkada Serentak, Black Campaign dan isu SARA. Tim pendukung paslon ada juga yang tidak diterima atas keputusan panitia penyelenggara Pilkada dan lain sebagainya.

Kab. Barito Selatan (Barsel) dan Kab. Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi daerah yang akan mewakili Kalteng dalam melaksanakan Pilkada Serentak pada 2017 mendatang.

Berdasarkan data Bawaslu, tingkat kerawanan Pilkada 2017 mendatang, Kab. Barsel berada pada urutan ke 27 dari seluruh Kabupaten / Kota di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada Serentak pada 2017 mendatang.

“Tingkat kerawanan Kab/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan rangking masuk nomor urut 27 nasional dengan tingkat kerawanan sedang dan dengan angka Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) 2,293,” ujar Theopilus Y Anggen, Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng.

Sedangkan Kab. Kobar yang juga akan mengikuti Pilkada Serentak pada 2017 mendatang berada pada urutan ke 77 secara nasional.

“Angka ini menduduki peringkat tingkat kerawanan dengan kategori rendah dan IKP 1,577,” lanjutnya.

Sementara itu, berdasarkan variabel pelanggaran, Kab. Barsel berada pada urutan 45 dan Kab. Kobar pada posisi 76 secara nasional.

Tingkat kerawanan dengan variabel kontestasi, Kab. Barsel berada pada posisi 13 dengan tingkat kerawanan sedang sedangkan Kab. Kobar berada di urutan 84 secara nasional dengan tingkat kerawanan rendah.

Dari data yang dirilis oleh Bawaslu, empat kabupaten dan kota yang berada pada urutan empat besar daerah paling rawan yaitu, Tolikara, Irian Jaya, Lanny Jaya dan Nduga. (FA)

TINGGALKAN BALASAN