Inilah 6 Gunung di Jawa dengan Sunrise Spot Tercantik

Keindahan sunrise dari puncak Gunung Ungaran, Jawa Tengah. [foto: osisober]

Semarak.news – Momen matahari terbit atau sunrise adalah saat-saat yang tidak boleh Anda lewatkan. Terlebih jika Anda menyaksikannya di tempat-tempat yang terkenal memiliki sunrise spot tercantik. Panorama megahnya alam semesta ini tidak akan pernah bisa membohongi Anda.

Dari sekian banyak tempat, gunung menjadi salah satu tempat favorit untuk melihat sunrise karena letaknya yang berada di ketinggian. Sehingga sunrise dapat jelas terlihat. Beberapa tempat berikut dapat menjadi referensi bagi Anda sebagai destinasi untuk memburu momen sunrise:

1. Gunung Semeru

Sebagai gunung tertinggi di tanah Jawa, Semeru menyuguhkan pemandangan yang cukup menarik minat ribuan wisatawan untuk datang tiap harinya. Termasuk pemandangan Sang Surya terbit, Semeru memiliki dua spot yang menjadi favorit pendaki yaitu Ranu Kumbolo dan Puncak Mahameru. Di Ranu Kumbolo, Anda dapat menikmati momen matahari yang terbit di tengah-tengah dua bukit di seberang danau. Belum lagi ditambah dengan tipisnya kabut yang menyelimuti sekitaran danau.

Sementara itu di Puncak Mahameru, Anda akan merasakan bagaimana menyaksikan sunrise dari negeri di atas awan. Rasa lelah setelah mendaki seketika akan terobati. Menakjubkan bukan?

2. Gunung Merapi

Tak kalah dengan Semeru, Merapi juga menjadi salah satu gunung favorit. Meskipun ketinggiannya dibawah 3.000 meter namun Merapi turut menawarkan sunrise spot yang cantik, yaitu di Pasar Bubrah dan Puncak Garuda. Di sana Anda akan menyaksikan munculnya mentari dengan dihiasi pemandangan puncak-puncak di sekitar Merapi, diantaranya Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Lawu. Melihat matahari terbit dari kedua tempat tersebut akan memuaskan hati serta pikiran Anda.

3. Gunung Ijen

Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa agendakan untuk datang ke Gunung Ijen di Banyuwangi. Selain terkenal dengan api biru, sunrise di puncak Ijen juga cantik. Mentari seakan-akan malu untuk muncul dari balik semak belukar. Dari arah yang sama juga akan terlihat garis pantai di Taman Nasional Baluran.

4. Gunung Bromo

Di Gunung Bromo terdapat dua tempat nyaman untuk melihat sunrise yakni di Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Biasanya wisatawan lebih memilih ke Penanjakan 1 karena di situlah puncak tertingginya. Namun Penanjakan 2 juga tak kalah eloknya. Apabila Penanjakan 1 sedang ditutup, maka wisatawan akan dialihkan ke Penanjakan 2

5. Gunung Sikunir

Pesona dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah memang terbukti adanya. Beberapa tempat di Dieng yang dijuluki ‘Golden Sunrise Spot’ terbaik di Indonesia salah satunya adalah Gunung Sikunir, dengan ketinggian 2.350 mdpl. Dari puncaknya, Anda akan disuguhkan sunrise yang benar-benar indah. Pemandangan barisan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berada di sebelah timur akan menjadi pelengkap yang akan membius mata Anda dengan keindahan cahaya golden sunrise-nya.

6. Gunung Ungaran

Mungkin belum banyak pendaki yang tahu tentang Gunung Ungaran. Gunung yang tidak terlalu tinggi (2.050 mdpl) ini terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namun demikian keindahannya tak kalah dengan gunung-gunung lain di Jawa, yang mampu menarik minat Anda dengan sensasi sunrise di puncaknya.

Bagi Anda pemburu sunrise, catat dan segera cari waktu yang tepat. Jangan lupa ajak orang-orang yang Anda sayangi untuk melihat sunrise bersama. Yang terpenting adalah Anda tidak kesiangan untuk bangun, karena setiap pemandangan sunrise dari tempat yang tinggi tak layak untuk dilewatkan keindahannya.

TINGGALKAN BALASAN