Begini Modus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Lombok Barat

H. Ahmad Subandi saat ditemui wartawan. [Foto: Muchlis/SN]

Mataram, Semarak.news – Musim penghujan yang terjadi lebih awal di Lombok Barat membuat nelayan menjadi sulit melaut, sehingga Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Barat memberikan bantuan kepada kelompok nelayan dengan memberikan surat rekomendasi pemberian BBM bersubsidi.

“Sekarang kan musim barat kan masih belum menentu, kita bantu nelayan dari rekomendasi supaya mendapatkan harga BBM yang pantas subsidi,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Barat, Ahmad Subandi ketika ditemui wartawan.

Kepala dinas pun menjelaskan bahwa untuk teknis pemberiannya, dinas memberikan rekomendasi maksimal 25.000 liter per satu kawasan dalam satu bulan ke SPBU untuk nelayan.

Untuk tekinsnya, para nelayan mencantumkan nama kelompok, jumlah anggota, jenis kapal dan mesinnya, beserta kartu identitas nelayan, kemudian dinas akan serahkan rekomendasi tersebut ke SPBU Pertamina.

Namun, peberian bantuan tersebut ternyata banyak disalahgunakan untuk kepentingan pengusaha, pemilik vila maupun hotel. Padahal pengusaha tersebut seharusnya membayar mahal untuk membeli BBM

“Ini rupanya banyak yang menyalahgunakan, katanya untuk nelayan, ternyata untuk yang lain,” lanjutnya.

Modusnya adalah oknum kelompok nelayan yang telah bekerja sama dengan pengusaha atau pemilik hotel mengajukan rekomendasi untuk keperluan kelompok, namun dialihkan untuk keperluan pengusaha tersebut. Selain itu, ada juga kelompok nelayan yang dimanfaatkan oleh penpengusaha tersebut seperti pembuatan tanda tangan nelayan, tetapi nelayan tersebut dibayar atau bahkan dibohongi untuk pengajuan rekomendasi.

Terkait adanya penahanan BBM subsidi milik nelayan oleh aparat, dinas tidak bisa membela nelayan yang tidak punya surat izin resmi atau rekomendasi, atau misalkan ada kelompok nelayan yang menerima jatah 10.000 liter dari surat rekomendasi, tetapi mengambil jatah 15.000 liter, sehingga mereka harus berhadapan dengan aparat penegak hukum.

“Oleh sebab itu, dinas melakukan pembinaan kepada kelompok nelayan untuk membuat surat rekomendasi BBM subsidi agar tidak ragu-ragu ketika akan dilakukan pemeriksaan oleh aparat,” tandasnya. [MN]

TINGGALKAN BALASAN