Belum Maksimalnya Infrastruktur Pelabuhan Labuhan Haji

Plang Informasi Pengumuman Pengerjaan Pengerukan di Labuhan Haji. [Foto: Muchlis/SN]

Mataram, Semarak.news – Pelabuhan merupakan terminal penghubung antar pulau, karena disanalah tempat berlabuhnya kapal-kapal yang datang dari pulau lain dengan membawa berbagai macam barang untuk masyarakat yang ada di pulau itu, sehingga terjadi perputaran roda ekonomi di sekitarnya.

Pemandangan berbeda ketika wartawan semarak mengunjungi Pelabuhan Labuhan Haji yang ada di Lombok Timur. Terlihat tidak seperti pelabuhan sebagaimana mestinya dan hanya ada satu dua kapal angkut yang bersandar di dermaga (11/10/2016). Wartawan pun menanya perihal tersebut kepada petugas yang ada di pelabuhan.

“Pelabuhan Labuhan Haji sudah aktif tetapi belum maksimal karena adanya sendimentasi atau pendangkalan di kolam labuhan, sehingga kapal takut untuk bersandar,” ujar Kepala KUPP Labuhan Haji, Hasibullah kepada wartawan, Selasa (11/10/2016).

Pihaknya dan Pemda Lotim pun berencana untuk melakukan pengerukan kolam labuhan agar kapal-kapal dengan tonase besar dapat bersandar di dermaga dengan menggunakan APBD tahun 2016, sehingga banyak masyarakat sekitar pelabuhan menerima manfaatnya.

“Entah itu angkut barang dari kapal, jualan makanan, ya jadi banyak lah nanti manfaatnya buat masyarakat,” jelasnya.

Hasibullah juga berharap kepada pemerintah pusat untuk membantu pengembangan pelabuhan haji seperti perawatan labuhan dan pembangunan pemecah ombak agar kapal lebih mudah dan cepat dalam kegiatan bongkar muat barang.

“Selama ini kan, perawatan ataupun pembangunan menggunakan APBD, meskipun Pelabuhan Haji ini untuk kapal niaga,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa jika pelabuhan ini lebih didukung pemerintah pusat, maka bukan tidak mungkin percepatan program tol laut yang digagas oleh Presiden Jokowi akan memberikan dampak langsung terhadap kemajuan daerah dan masyarakat Lombok.

Ketika ditanya oleh wartawan terkait persaingan antar pelabuhan, pihaknya menjelaskan bahwa pembangunan pelabuhan ini tidak dimaksudkan untuk menyaingi pelabuhan lain yang berada di sekitarnya seperti Pelabuhan Kayangan dan Labuhan Lombok. Namun, pembangunan pelabuhan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan akses untuk kegiatan ekonomi khususnya bagi warga Lombok Timur. [MN]

 

TINGGALKAN BALASAN