Menikmati Eksotisme Curug Ciburial

Curug Ciburial [foto: osisober]

Bogor, Semarak.news – Curug atau air terjun memang selalu menyimpan keindahan. Pemandangan yang hijau dan suara aliran air yang khas akan menarik minat setiap wisatawan yang datang walaupun kadang melalui penuh perjuangan.

Pesona Bogor sebagai Kota Seribu Curug memang tak bisa diragukan. Dari sekian banyak curug di Bogor, ada satu diantaranya yang wajib Anda kunjungi, yaitu Curug Ciburial.

Curug Ciburial terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Curug ini berada dalam satu komplek dengan Curug Kembar, Curug Hordeng, dan Curug Cileungsi.

Menurut ungkapan beberapa warga, Curug Ciburial inilah yang menjadi sumber utama dari Curug Leuwi Hejo yang belakangan juga menjadi populer di media sosial dan menarik minat banyak orang.

Jika dari arah kota, Curug Ciburial dapat dicapai melalui Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Akses menuju lokasi boleh dikatakan masih sangat sulit. Jalanan yang kecil dan berbatu akan menjadi rintangan yang panjang. Maka disarankan untuk menggunakan motor trail jika ingin berkunjung ke sana.

Sesampainya di pintu masuk kawasan curug, motor dititipkan dengan biaya Rp 5.000 per motor ditambah dengan biaya per pengunjung seharga Rp 10.000.

Dari situ petualangan Anda akan dimulai. Tracking menuju Curug Ciburial dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Jalur yang dilalui bervariasi, mulai dari jalan setapak, naik turun bukit, bebatuan yang licin, hingga harus rela berbasah-basahan menyusuri sungai. Namun demikian masih tergolong aman dan cocok bagi pemula yang ingin mencicipi atmosfer petualangan.

Sepanjang perjalanan, hamparan pemandangan hijau dari sejumlah bukit yang letaknya berdekatan akan tersaji seluas mata memandang dengan ditambah udara yang sejuk.

Jika suara aliran sungai sudah mulai terdengar, tandanya curug sudah semakin dekat.

Setelah tiba di lokasi curug, rasa lelah akan terobati dengan eksotisme curug. Anda dapat berenang, berfoto ria, atau hanya duduk diam menikmati panorama yang menakjubkan.

Di tempat itu akan tampak dua curug yang sangat indah. Arus airnya juga cukup deras. Sehingga Anda dituntut untuk berhati-hati terutama saat melangkahkan kaki di dalam air untuk mencapai curug.

Sebaiknya Anda tidak berlama-lama menikmati indah Curug Ciburial. Karena masih ada tiga curug lain yang juga tak kalah menarik.

Eksplorasi adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Namun ini semata-mata bertujuan untuk menjaga ciptaan Tuhan agar. Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan jika berkunjung ke sana.

TINGGALKAN BALASAN