Agus Harimurti, Strategi Test Market SBY

Agus Harimurti [Sumber: palembang.tribunnews.com]

Kejutan terjadi dalam Pilgub DKI Jakarta. PKB, PAN, PPP dan Demokrat mendadak sepakat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta. Yang menjadi sorotan adalah pencalonan Agus Harimurti, banyak yang bertanya-tanya. Ada yang bilang SBY menghancurkan karir TNI Agus, ada juga yang mengatakan ini langkah cerdas SBY mengenalkan Agus ke publik. Namun ada yang menyatakan sebagai langkah awal SBY mengkaderisasi Agus sebagai ketua umum Demokrat. Selain itu mungkin masih banyak lagi opini masyarakat.

Namun menurut saya terlihat berbeda sama sekali. Agus Harimurti adalah mantan seorang perwira TNI dengan pangkat terakhir Mayor. Sehingga pasti ada alasan yang kuat dibalik keputusannya.

Agus Harimurti yang baru beberapa hari menjadi cagub DKI dinilai belum memiliki pengalaman dalam dunia politik dan birokrasi, sehingga kompetensinya diragukan. Bandingkan dengan dua calon lainnya dari segi usia dan pengalaman jauh lebih matang. Saya kira kemenangan bukan tujuan utama pencalonan Agus apalagi mayoritas opini masyarakat mengatakan Agus pasti kalah.

Lantas apa tujuan dicalonkannya Agus Harimurti Yudhoyono oleh SBY? Saya kira masih ada hubungannya terkait spekulasi pencalonan Agus pada Pilpres 2019. Pengusungan Agus Harimurti dalam Pilgub DKI bertujuan untuk test market.

Dari tiga paslon hanya Agus yang berasal dari TNI sehingga menjadi simbol korps dalam Pilkada DKI. Pengaruh Agus di TNI sangat diharapkan SBY sebagai pendongkrak popularitas Agus.

Meskipun Agus tidak bisa menggalang suara dari TNI karena TNI tidak punya hak pilih. Tetapi secara tidak langsung TNI pasti lebih condong ke calon yang berasal dari TNI. TNI lebih percaya pada sosok yang berasal dari TNI karena jiwa nasionalismenya yang sudah terbukti.  Intinya disini lebih kepada kepercayaan dengan sosok yang sudah dikenal.

SBY mencoba menguji loyalitas TNI kepada anaknya maupun dirinya sebagai satu keluarga. Disini Ia akan mengetahui sejauh mana dukungan yang diberikan TNI terhadap dirinya pasca lengser dari kursi kepresidenan.

Jika hasil test market pada pilgub kali ini sesuai harapan maka hal tersebut akan dijadikan sebagai acuan menghadapi pilpres 2019. Tidak dapat dipungkiri penggalangan terhadap anggota TNI dapat terjadi. Sebab, SBY sangat berharap pada pengaruh dirinya dan anaknya dalam TNI guna mendongrak dukungan masyarakat terhadap Agus Harimurti.(WYN)

TINGGALKAN BALASAN