Rangkaian Kegiatan IYD “OMK Sukacita Injili”

Manado, Semarak.news – Provinsi Sulawesi Utara menjadi tempat rangkaian kegiatan Indonesian Youth Day (IYD) kedua dilaksanakan. Rangkaian kegiatan dari tanggal 1 s.d 6 Oktober 2016 telah diikuti sekitar 2600 peserta yang mewakili 22 keuskupan dari seluruh Indonesia. Para peserta dari Aceh hingga Merauke ikut berpartisipasi aktif dalam merayakan keindahan dari keberagaman yang ada.

IYD adalah kegiatan yang melibatkan Orang Muda Katholik (OMK) seluruh Indonesia yang mewakili keuskupan masing-masing. Penyelenggaraan IYD dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dengan Sanggau sebagai kota pertama diselenggarakannya acara tersebut.

Kegiatan IYD kedua ini diawali dengan  pelaksanaan live in dari tiap peserta di rumah keluarga yang berbeda kepercayaan. Selain itu, para peserta juga turut beraktivitas dengan membantu pekerjaan dari keluarga dimana tempat mereka tinggal, seperti berdagang, beternak, dan lain-lain. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Manado, Tomohon, Kotomobagu, Minahasa, dan beberapa daerah lain.

Puncak kegiatan pembukaan IYD dilaksankan pada hari selasa (4/10) dimana para peserta berkumpul di Kota Manado untuk melaksanakan pawai dan misa pembukaan. Kegiatan pawai dilaksanakan dari Lapangan KONI menuju Stadion Klabat, yang dilanjutkan dengan ibadah misa di Stadion Klabat.

Selanjutnya kegiatan IYD dilanjutkan di Kel. Lotta, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa. Para peserta melaksanakan kegiatan sharing yang dinamakan Ngopi atau Ngobrol Pintar di 13 tempat yang berbeda. Selama pelaksanaan Ngopi, para peserta dilebur menjadi satu dari daerah yang berbeda-beda. Selain itu, dilaksanakan juga pembukaan stand pameran budaya dari masing-masing daerah keuskupan. Hal tersebut ditujukan untuk para peserta dapat mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia serta menjadi ruang untuk berinteraksi sambil berbelanja.

Kegiatan Ngobrol Pintar
Kegiatan Ngobrol Pintar

Kamis (6/10) menjadi hari puncak perayaan IYD 2016 yang dilaksanakan di Amphitheater Emannuel Youth Center di Kab. Lotta. Para peserta mendapatkan kunjungan dari Menpora, Imam Nahrawi, yang datang bersama dengan rombongan. Menpora dalam sambutannya menekankan agar OMK tidak menggunakan narkoba. “Narkoba adalah penyakit yang telah menggerogoti pemuda Indonesia, maka dari itu diharapkan OMK agar tidak menjadi pengguna narkoba” pesan Menpora dalam sambutannya.

Pelaksanaan Kegiatan Pameran Budaya
Pelaksanaan Kegiatan Pameran Budaya

Puncak acara penutupan juga dilaksanakan di gedung yang sama. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu tema IYD dan lagu nasional dari “sabang sampai merauke”. Selanjutnya, dilaksanakan juga pembacaan ikrar IYD 2016 oleh 4 orang perwakilan peserta dan pentas budaya dari masing-masing regio keuskupan. (AY) (TH)

TINGGALKAN BALASAN